Jika kamu pernah merasakan era menggunakan mouse dengan mouseball maka mousepad adalah aksesoris yang harus dimiliki. Fungsinya tentu saja agar pointer bisa bergerak lancar dan tidak loncat kemana-mana saat digeser. Tapi tahun di era mouse optik sekarang ini apa mousepad masih diperlukan?

Perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi mouse seperti Logitech, Razer, dan kawan-kawannya berlomba-lomba membuat mouse dengan tracking terbaik. Teknologi tracking mouse optik modern sudah sangat baik sehingga kamu bisa menggunakannya di berbagai jenis permukaan. Bahkan ada beberapa seri mouse optik yang bisa digunakan diatas kaca. Padahal permukaan yang memantulkan cahaya bisa mengganggu tracking pada mouse laser. Namun, perusahaan produsen mouse itu juga menjual mousepad dengan berbagai macam ukuran dan jenis. Terlihat bertentangan bukan?

Fungsi utama mousepad di tahun 2018 ini memang telah memudar, namun bukan berarti mousepad tidak berguna sama sekali. Kamu bisa menggunakan mousepad sebagai pelindung permukaan meja agar tidak mudah tergores oleh mouse. Jika kamu seorang desainer atau gamer serius, mousepad kualitas tinggi bisa meningkatkan akurasi pointermu. Atau jika kamu seorang pengguna PC kelas berat mousepad dengan bantalan akan memanjakan pergelangan tanganmu.

 

Selain itu inovasi mousepad juga terus berkembang. Ada mousepad dengan lampu RGB yang bisa menambah fps sampai 6000 (gak mungkin lah, cuma hiasan doang). Adapula mousepad dengan yang mendukung wireless charging, sehingga kamu bisa sekaligus mengisi daya mouse wireless atau smartphonemu (ini baru inovasi).

Logitech G PowerPlay Wireless

Jadi dapat disimpulkan bahwa mousepad bukan lagi hal esensial dalam sebuah PC, namun merupakan aksesoris yang baik untuk dimilik. Apakah saat ini kamu masih pakai mousepad? Jangan lupa bagikan pengalamanmu disini yak!

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.