Sebagai sebuah aplikasi Instant Messaging, Skype ketinggalan banyak hal. Salah satunya adalah ‘laporan dibaca’ (yang kalau di WhatsApp berupa dua centang berwarna biru) atau yang populer dengan sebutan read receipts. Ini wajar karena memang Skype tidak diperuntukkan bagi kalangan konsumen umum, meskipun sudah populer di dunia bisnis. Meskipun demikian, melihat popularitas aplikasi pengiriman pesan lainnya, nampaknya Skype mulai berbenah. Dalam update terbaru Skype untuk perangkat mobile, baik iOS maupun Android, kamu akan mendapatkan laporan dibaca!

Apa pun perangkat seluler kamu, baik iOS maupun Android, di update terbaru Skype, kamu akan mendapatkan ‘laporan dibaca’ yang memiliki manfaat menjadikan kamu tahu bahwa pesan yang kamu kirimkan sudah dibaca oleh lawan bicara.

Ini tentu saja sangat bermanfaat dalam situasi percakapan kelompok. Dalam konteks organisasi, kalau kamu menyampaikan sebuah pesan penting, maka kamu dapat melihat siapa saja yang sudah membaca pesan tersebut, dan mungkin melakukan tindak lanjut jika ada anggota kelompok yang belum membaca pesan.

‘Laporan dibaca’ ini juga dapat dinikmati di Skype untuk Mac. Sehingga makin memudahkan kamu memanfaatkan Skype lintas perangkat.

via Andries Grobler Medium

Uniknya, fitur penting ini justru belum dapat dinikmati di perangkat Windows 10. WHAT?! Bu-bukannya Skype ini milik Microsoft?! Saya tidak dapat menjawab kejanggalan ini. Kita tahu sendiri bahwa Microsoft terkadang hobi mengeluarkan kebijakan nyleneh yang sering membuat kita garuk-garuk kepala atau menutup muka. Tapi demikianlah adanya. Saya akan segera mengabarkan apabila Skype untuk Windows 10 sudah mendapatkan fitur yang satu ini.

 

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.