Berita-berita sebelumnya menyebut bahwa Microsoft akan segera merilis, atau setidaknya memamerkan perangkat mobile-nya yang dapat dilipat dan masuk ke saku, dengan kode nama Andromeda. Namun, sebuah laporan baru dari Mary Jo Foley, wartawan yang memiliki hubungan baik dengan Microsoft, nampaknya Microsoft akan membatalkan proyek ini!

Microsoft disebutkan menunda penyempurnaan software untuk Andromeda karena ada ‘fokus lain yang lebih penting’. Sebelumnya, raksasa teknologi yang bermarkas di Redmond ini mengembangkan versi berbeda dari Windows 10 yang secara spesifik disebut sebagai Andromeda untuk mendukung perangkat layar ganda yang sedang diproduksinya. Microsoft awalnya merencanakan untuk menggabungkan perangkat lunak yang bekerja untuk Andromeda ini dengan Windows 10 Redstone 5, namun nampaknya rencana ini belum akan dilanjutkan.

Masih belum ada alasan pasti di balik penundaan tersebut. Memang Microsoft belum pernah membahas masalah Andromeda ini secara publik. Orang hanya mengetahui tentang adanya platform ini melalui berbagai bocoran yang melibatkan orang-orang di luar Microsoft.

Paul Thurrott, blogger teknologi yang juga kontributor Microsoft berpendapat bahwa hampir mustahil bahwa kita akan menyaksikan Andromeda tahun ini. Bisa jadi Andromeda bernasib sama seperti berbagai konsep yang pernah dikembangkan oleh Microsoft. Secara logis, Paul menyatakan bahwa meskipun Microsoft dapat merilis perangkat ini, tidak akan mungkin perangkat ini bisa bersaing dengan iPhone atau perangkat Android yang sudah mendominasi pasaran. Jika tidak dapat bersaing, maka CEO Microsoft yang saat ini terkenal pragmatis, Satya Nadella, tentu saja tidak akan segan-segan untuk menghentikan proyek tersebut.

Mary Jo Foley sendiri mengungkap bahwa alasan Microsoft membatalkan, atau setidaknya ‘menunda’ pengumuman Andromeda adalah karena kualitas software yang masih jauh dari memadai. Microsoft masih perlu melakukan banyak upaya untuk menyempurnakan software ini agar dapat digunakan secara layak.

Uniknya, jikalaupun Microsoft membatalkan Andromeda, mungkin kita akan melihat perangkat ini dalam bentuk OS lain karena Samsung dan LG nampaknya secara aktif juga sedang menyiapkan perangkat dengan form factor serupaMungkin kita akan sekali lagi melihat ide-ide Microsoft ‘diambil alih’ oleh platform lain seperti halnya konsep Retina scan dan dock untuk smartphone yang digunakan oleh perangkat high end Samsung.

 

Sumber: Thurrott, Trustedreviews

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.