Seperti yang sudah kita tahu, beberapa hari lalu sempat dikabarkan ada beberapa extensi di Microsoft Edge Add-ons yang mengandung malware dan melakukan pengalihan hasil pencarian, dan beruntungnya, Microsoft bertindak cepat dengan menghapus Extensi yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Dan hari ini, tampaknya Microsoft kembali menghapus salah satu Extensi yang mungkin pernah kamu gunakan, bernama “uBlock Adblock Plus”, extensi tersebut tersebut telah ditandai “mengandung malware” dan kini telah dihapus dari Edge Add-ons.

Namun jangan salah, Extensi yang dihapus bukanlah uBlock Origin yang dibuat oleh Nik Rolls, melainkan uBlock Adblock Plus, extensi yang didasarkan pada versi lama uBlock Origin yang telah dirilis tiga tahun lalu.

Meskipun mengandung malware yang berbahaya, sebelumnya extensi ini cukup populer dengan ada 180 Review yang masuk pada extensi tersebut.

Meskipun begitu seperti apa yang dilaporkan Gorhil via Twitter pada 5 November 2020 lalu, nyatanya ada beberapa keanehan yang bisa dilihat dari extensi tersebut, seperti halaman Privacy Policy mengarah pada halaman “Privacy Policy Generator”, melakukan blocking pada domain spesifik seperti Google Analytic dan Google Tab Manager, dan yang paling parah adalah setelah extensi melakukan blocking setidaknya 999 network request, extensi akan melakukan inject iframe pada semua halaman web yang pengguna kunjungi.

Dan dari apa yang dijelaskan oleh Gorhil tersebut, dapat dilihat bahwa extensi ini sangat berbahaya dan tentu tidak sedikit juga pengguna yang mungkin telah menjadi korban dari extensi ini, dan untuk sekarang, beruntungnya mulai hari ini Microsoft telah menghapus extensi uBlock Adblock Plus dari ketersediaanya di Edge Add-Ons, meskipun memang sangat terlambat mengingat Gorhil melaporkan Extensi ini pada 5 November lalu.

Untuk kamu yang sempat menginstall dan masih menyimpan extensi uBlock Adblock Plus ini, kamu mungkin akan mendapati sebuah pesan notifikasi bahwa Extensi mengandung malware berbahaya, dan sangat disarankan bagi kamu untuk segera menghapusnya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? kamu pernah install extensi ini juga? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Techdows

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.