Cara Menghapus Background pada Lock Screen di Windows 10 (1)

Apakah diantara kamu ada yang pernah mengalami stuck atau macet atau gak ada respon dari perangkat Windows 10 milikmu ketika baru aja masuk ke welcome screen atau lock screen? WinPoin yakin pasti banyak diantara kamu yang pernah mengalami hal ini, termasuk saya sendiri pun pernah mengalaminya.

Nah, dikesempatan kali ini WinPoin ingin memberitahu kamu gimana cara mengatasi masalah tersebut. Buat yang penasaran, berikut ini adalah detail lengkapnya:

1. Copot semua perangkat eksternal yang terubung

Dari sekian banyak versi Windows yang pernah saya coba, Windows 10 adalah OS yang bisa dibilang “sensitif”. Perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, pen (jika ada) dan lain-lain akan sangat mempengaruhi jalannya proses booting di laptop atau PC milikmu. Jadi, bila kamu sering mengalami stuck ketika berada di welcome screen, silakan menonaktifkannya terlebih dahulu (untuk perangkat eksternal yang terubung dengan bluetooth) atau silakan copot dongle (USB) yang terpasang.

2. Putuskan sambungan internet

Cara Memblokir WiFi Tertentu di Windows (1)

Di kasus saya, internet adalah penyebab dari stuck berkepanjangan di welcome screen (maklum, saya selalu mengaktifkan mode automatically connected) dan cara untuk mengatasi hal ini sebenarnya amatlah mudah, tapi dengan syarat kursor kamu bisa digerakan loh yah!

  1. Pada halaman welcome screen, tap ikon wireless (Wi-Fi) atau Ethernet 
  2. Selanjutnya tinggal tap disconnect pada jaringan yang terhubung atau kamu juga bisa mengaktifkan mode airplane
  3. Silakan cek ulang apakah sudah bisa mengatasi masalah, jika belum silakan restart

Bagi pengguna ethernet atau kabel LAN, cukup copot aja kabel tersebut dan sambungkan kembali setelah melewati welcome screen.

3. Jalankan Windows Startup Repair Tool

Cara Menonakifkan atau Mengaktifkan Advanced Boot Options (F8) di Windows 10 (1)

Kalau bukan hardware (perangkat eksternal) ataupun internet, mungkin yang menyebabkan masalah stuck di welcome screen pada perangkatmu adalah software dan ada satu cara untuk mengatasi masalah ini yakni dengan menggunakan Advanced Recovery Options.

Untuk mengakses menu tersebut kamu harus menekan tombol shift dan pilih opsi restart secara bersamaan, selanjutnya tinggal tap Troubleshoot > Advanced Option > Startup Repair.

Selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkah yang diberikan dan biarkan Startup Repair mendiagnosa masalah yang timbul dan memperbaiki masalah tersebut.

4. Jalankan System Restore

systemrestorewindows10_8

Kalau cara-cara di atas tak bisa memperbaiki masalah stuck di welcome screen Windows 10 kamu, silakan jalankan system restore. Buat kamu yang belum tahu, system restore memungkinkan kamu untuk mengembalikan sistem ke waktu tertentu, sehingga ketika Windows 10 mengalami masalah, dapat diselesaikan dengan cara rollback ke restore point terakhir yang kamu buat.

Baca juga:

Untuk mengakses menu system restore, kamu tinggal jalankan Advanced Recovery Options, lalu pilih menu Troubleshoot > Advanced Option > System Restore.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.