Home PC Cara Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari

Cara Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari

Cara Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari (1)

System restore merupakan salah satu fitur yang sudah cukup lama pada ekosistem Windows, dimana kamu dapat mengembalikan sistem waktu tertentu dengan menggunakan Restore Point yang sudah dibuat sebelumnya.

Membuat Restore Point sangat perlu dilakukan ketika sistem dalam keadaan fresh, contohnya habis melakukan install ulang / fresh install. Karena dengan membuat restore point ini, sistem akan menyimpan semua settingan seperti registry, sistem files dan driver. Agar jika nantinya Windows 10 mengalami masalah, dapat diselesaikan dengan cara rollback ke restore point tersebut.

Nah tahukah kamu bahwa, selain dapat membuatnya secara manual, kamu juga bisa membuat Restore Point ini secara berkala/setiap hari!. Tips ini memanfaatkan Windows Defender yang mana biasanya akan melakukan scan terhadap sistem setiap hari. Dengan memanfaatkan Group Policy Editor, maka kamu membuat Restore Point secara otomatis setiap hari ketika Windows Defender melakukan proses scanning.

Baca juga tips Windows lainnya :

Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari

  1. Buka Windows Run (Win + R), kemudian ketikan gpedit.msc untuk membuka Group Policy Editor.Cara Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari (1)
  2. Kemudian navigasi ke Computer Configuration – Administrative Templates – Windows Components – Windows Defender Antivirus – Scan.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Create a system restore point.Cara Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari (2)
  4. Jadikan konfigurasinya menjadi Enable. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan.Cara Otomatis Membuat System Restore Point Setiap Hari (3)
  5. Tutup jendela Group Policy Editor.
  6. Reboot ulang Windows.

Ketika proses restart selesai, maka pengaturan akan aktif dan restore point akan terbuat begitu Windows Defender melakukan proses scan. Tentunya tutorial ini sangat berguna untuk kamu yang memang menggunakan Windows Defender sebagai anti virus utama.

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.