Seperti yang kita tahu, diluar sana ada banyak sekali browser yang berbasiskan Chromium, sebut saja Opera, Vivaldi, Brave dan yang paling terkenal adalah Google Chrome, yang mana hampir 70% orang diseluruh dunia menggunakan Google Chrome sebagai browser utama mereka.

Sedangkan untuk Microsoft sendiri, mereka akhirnya memulai konstribusinya untuk Chromium Project pada November 2019, yang mana mulai saat itu mereka mengembangkan dan membuat browser Microsoft Edge Chromium yang sudah kita kenal saat ini, lalu mengenai hal tersebut seberapa banyak Microsoft berkonstribusi dalam Chromium Project?.

Dalam statistik yang dibagikan di Twitter oleh Eric Lawrence, yang mana merupakan bagian dari tim Microsoft Edge, dia mengungkapkan bahwa Microsoft telah berpartisipasi dalam 1935 CLs dari 161 Konstibutor, yang mana area yang dibantu untuk ditingkatkan oleh Microsoft dalam Chromium Engine termasuk accessibility, battery life, HTML form controls, media playback, Windows font rendering, layout and scrolling, HTML, JSON, dan CSS modules.

Cukup banyak memang hal yang Microsoft ikut kembangkan dalam project ini, dan meskipun Google Chrome dan browser Chromium lain juga mendapatkan manfaat dari apa yang Microsoft berikan, namun tentu disisi lain Microsoft Edge Chromium mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari apa yang telah Microsoft diberikan.

Konstribusi Microsoft ini tentu akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan seiring Microsoft Edge Chromium berjalan, mengingat saat ini Microsoft memfokuskan browser mereka pada Edge yang baru yang mana kini telah mendukung dan tersedia secara multi platform.

Angka yang diumumkan Eric Lawrence ini tentu cukup banyak, namun tentu saja tidak sebanding dengan apa yang Google berikan, mengingat mereka sudah lama menyelam dalam Chromium Project ini.

Nah bagaimana menurutmu mengenai apa yang diumumkan Microsoft ini?, silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Eric Lawrence (Twitter), News Softpedia

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.