Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet paling banyak digunakan, meskipun ada sejumlah alternatif aplikasi lain, tanpa Microsoft Excel, semuanya tampak kurang pas, terlebih di lingkungan perkantoran yang ada disekitar saya.

Nah kawan kawan, tahukah kamu bahwa Microsoft baru baru ini mengumumkan dan memberikan sebuah email pada para pengguna Microsoft 365, dimana kabarnya ada sejumlah fitur yang dihilangkan di Microsoft Excel, yap, ada beberapa fitur yang kini di hapus karena memang menurut Microsoft, fitur tersebut jarang digunakan dan kurang populer dikalangan pengguna. Fitur apa sajakah itu?

Yang pertama adalah Money. Bagi yang belum tahu, fitur ini pada dasarnya adalah template dinamis yang memungkinkan pengguna untuk terhubung secara aman ke data bank dan menyinkronkan informasi secara langsung. Nah mulai 30 Juni 2023 pengguna sudah tidak bisa lagi menggunakan fitur ini dan menghubungkan akun Bank dengan Microsoft Excel.

Yang kedua adalah Wolfram Data Types. Bagi yang belum tahu, Microsoft mengumumkan kemitraan dengan Wolfram beberapa tahun yang lalu namun sekarang kemitraan tersebut telah diputus dan tidak akan diperpanjang lagi. Dengan itu, mulai 11 Juni 2023 Microsoft Excel tidak akan lagi terhubung dengan layanan Wolfram.

Selain itu, Microsoft juga menghapus penawaran partner, dimana mulai 30 Juni 2023 nanti, tidak akan ada penawaran partner apapun untuk Microsoft Excel.

Ketiga fitur yang disebutkan diatas, mungkin jarang banget kamu dengar, apalagi jika digunakan, iya kan?, nah karena hal tersebut, Microsoft akhirnya menghapusnya.

Meskipun begitu, tenang guys, dihapusnya kedua fitur tersebut tidak akan berpengaruh pada fitur utama Microsoft Excel dan kamu masih bisa menggunakan Excel seperti pada umumnya.

Via : Thurrot

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.