Microsoft baru baru ini telah mengeluarkan peringatan baru untuk memberitahu IT Admin bahwa Windows Server 2012 dan Windows Server 2012 R2 akan mencapai akhir dukungan (end of life).

Akhir dukungan bagi kedua OS tersebut diproyeksikan akan terjadi pada 10 Oktober 2023, namun mengingat ini adalah Windows Server, Microsoft perlu memberi perusahaan dan pengguna cukup waktu untuk melakukan migrasi.

Untuk opsi Migrasi yang ditawarkan oleh Microsoft ada dua, dimana satu memindahkan semuanya ke cloud via Azure Virtual Machine atau tetap menggunakan Windows Server dengan beralih ke versi Windows Server 2022 yang lebih baru.

Selain itu, ada juga opsi alternatif lain yang tentunya lebih mahal yaitu dengan membeli extended security update yang mana seperti pada Windows 7 lalu, akan bertahap makin mahal tiap tahunnya.

Extended Security Updates (ESUs) for Windows Server 2012 – providing up to three years of security updates only. ESUs will continue for three years, renewable on an annual basis, until October 13, 2026.” ungkap Microsoft.

Nah dengan adanya kabar ini, untuk kamu yang bekerja sebagai IT Admin atau pengguna Windows Server 2012 atau Windows Server 2012 R2, masih ada waktu hingga Microsoft menghentikan dukungan untuk OS ini, jadi sebelum tanggal 10 Oktober tahun ini, kamu bisa segera memulai migrasi server ke versi yang lebih baru atau membeli layanan Cloud via Azure Virtual Machine, atau bisa juga beralih ke Linux Server.

Via : Microsoft

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.