Home News Microsoft “Ingkar Janji” dengan Menurunkan Jatah Storage OneDrive, Pengguna Marah & Kecewa

Microsoft “Ingkar Janji” dengan Menurunkan Jatah Storage OneDrive, Pengguna Marah & Kecewa

Microsoft "Ingkar Janji" dengan Menurunkan Jatah Storage OneDrive, Pengguna Marah & Kecewa

Idih syebel syebel syebel *sambil gepuk-gepuk manja ke gebetan yang ada di sebelah.

Bukan, bukan ekspresi marah seperti itu yang muncul setelah Microsoft mengingkari janjinya sendiri dan menurunkan jatah storage OneDrive secara sepihak.

Kalo marah seperti itu, saya juga mau *eh :))

Microsoft "Ingkar Janji" dengan Menurunkan Jatah Storage OneDrive, Pengguna Marah & Kecewa

Tetapi kekecewaan dan kemarahan pengguna OneDrive, khususnya subscriber Office 365 ini merupakan marah beneran yang serius.

Masih belum lupa di ingatan pada 27 Oktober 2014 lalu Microsoft menyatakan kalo batasan cloud storage sekarang sudah nggak jaman, dan seluruh pengguna Office 365 bakal memperoleh storage OneDrive “unlimited”. Artinya Microsoft tidak akan menghitung dan membatasi besarnya cloud storage yang mereka gunakan.

Penawaran ini membuat banyak orang jadi tertarik untuk berlangganan Office 365. Bahkan banyak juga pelanggan loyal Google Apps memilih migrasi ke Office 365 karena penawaran yang fleksibel ini.

Namun sayangnya kemaren secara mendadak Microsoft membatalkan penawarannya sendiri dan menyatakan kalo tidak ada lagi “unlimited-unlimited an” di storage OneDrive untuk Consumer. Semuanya bakal diturunkan jadi 1TB saja, kecuali pengguna Enterprise pelanggan dari OneDrive for Business.

Tentu bagi mayoritas pengguna 1TB sudah lebih dari cukup, dan mungkin sebagian besar tidak akan bisa menghabiskan cloud storage sebesar itu seumur hidup mereka. Tetapi bagi pelanggan besar file tersimpannya diatas 1TB, perubahan ini cukup merepotkan.

Microsoft memang menyatakan siap melakukan refund buat pelanggan yang tidak suka dengan keputusan ini. Tetapi pelanggan sebenarnya tidak begitu mempermasalahkan uangnya. Mereka hanya menyesalkan cara berbisnis Microsoft yang mereka anggap ingkar janji terhadap konsumen.

Selain pelanggan Office 365, pengguna OneDrive gratisan juga kena imbasnya dengan diturunkannya free space 15GB menjadi 5GB. Bonus storage dari Camera Roll Windows dan Windows Phone sebesar 12GB juga dihapuskan.

Karena hal ini banyak pengguna OneDrive yang akhirnya melakukan migrasi. Bahkan pengguna Windows dan Windows Phone juga cukup banyak yang kecewa karena OneDrive yang merupakan elemen penting bagi sinkronisasi device Windows 10 ini sudah tidak lagi fleksibel seperti dulu. Terlebih ketika bonus-bonus storage yang telah mereka dapatkan bakal segera dihapuskan.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu kecewa dengan keputusan Microsoft untuk membatasi storage OneDrive ini?

Bagikan pendapat kamu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Rizal Faisal Akbar

    yaaaa mau gimana lagi.
    cuman 2 pilihan sih :
    1. Berlangganan dengan bayaran per bulan
    2. Migrasi ke cloud storage lain.

    Alternatifnya, daftar cloud storage lain dan dibagi2 sesuai prioritasnya. -_-
    Cukup rumit tapinya

    • Kurotsuki Kaitou

      Rumit cuma kalau dipikirin kok (dan awal-awal memulainya). Kalo udah terbiasa juga berasa biasa aja… :3

      Saya pake OneDrive buat file pribadi (15GB cukup lah), Box buat file proyekan (thanks to 25GB free jaman dahulu kala), Dropbox buat file-file kantor (karena kantor pakenya itu XD~), GDrive buat …. file-file lain yang saat ini ga penting tapi bisa jadi suatu saat penting…. :3

      • Rizal Faisal Akbar

        ane juga sebagian emang ada di GDrive. itu beberapa aplikasi simulator networking dan beberapa file yang ga terlalu urgent. cuman ane lebih sreg sama OneDrive itu karena lebih gampang synchronize-nya. apalagi pake Win 8.1.

        Dropbox juga pake cuman yang anehnya akun ane ga bisa kebuka. -_-
        udah reset password pun sama ga bisa kebuka (paling ane bakal coba lagi).
        untungnya cuman simpenan mentahan aplikasi wajib kuliah ane doang dulu. jadi goodbye pun tak masalah :3

        file penting ane ada di OneDrive semua. mulai data tugas akhir, tugas harian, sampe eksperimen ada disana semua (dan sebagian file kantor). soalnya kemaren HDD ane trouble dan itu pun ane belum punya HDD External. jadi semua data penting nyumput disana (sementara). :3

        lagi ngumpulin duit buat beli HDD External jadi biar bisa nampung banyak data ane XD

  • Syahdan

    Ya saya juga kecewa sih, saya walaupun bukan pelanggan office 365 tapi penyimpanan 15GB cuma menjadi 5GB itu wow banget! Terlebih lagi saya sering menyimpan video saya sendiri *bukan vdeo/film yg didownload bajakan

  • Hen

    Terlalu jauh turunnya. . 15 jadi 5,

  • Rahmat Mulyono

    Berpindah os serta cloud

  • entahlah, paragraf dan gambar pertama membuatku gagal paham :3

  • Ed

    Kenapa harus turun? Okelah yg camera roll ambil aja 15GB udh cukup lah, tp kalo 5GB kalah ama Google ntar lu

  • Evlan Mars

    Lemah,,..

  • Kurotsuki Kaitou

    Hahaha. Dari awal juga udah ga percaya bakalan terus unlimited. Dimana-mana yang namanya resource itu pasti virtually unlimited. Selalu ada kebijakan internal buat nge-cap resource. Karena yang namanya space buat storage itu pasti terbatas.

    Ga percaya? Sekarang saya tanya deh … FastNet dari First Media unlimited ga tuh quotanya? Saya yakin kebanyakan orang akan jawab unlimited. Tapi kalo yang udah baca T&C/S&K, pasti tau kalo ada kebijakan FUP juga sama kayak unlimitednya mobile operator. Cuma emang FUPnya ga di-disclose secara spesifik, cuma disebut doang ada FUP tanpa ada berapa cap dari FUP tsb (sepertinya cap-nya cukup tinggi sih, secara download torrent belum pernah kena throttle kecuali akhir tahun lalu waktu lagi boring dan torrent gila-gilaan).

  • ad galiih

    Hahahahaha..
    Payah. Saya kecewa.
    Hahahahahahaha.
    Siap² menambah hardisck.
    Hahahahahaha..
    Pindah ke google drive sma droopbox aj nih kaya.e..
    Hahahahaha..

  • Iya, masalah utama utk cloud storage emg gajauh dr kuota sm speed yg super labil :v

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Tamat dataku semua…

  • Zulmi Kurniawan

    Antara kecewa sama gak sih.
    Kecewanya kenapa pengguna windowsphone jg dikenakan penurunan kapasitas penyimpanan. Padahal disitu jd daya tarik lainnya dari wp. Jd apa lagi dong daya tarik wp di kalangan masyarakat? Mending kalo continuum bisa dipake untuk semua jenis smartphone yg sudah terinstal win10mob. Udah pasti seru pake wp.

    Nggaknya sih gak pernah upload file sampe 5gb jg. Kbanyakan org kita jg lebih suka download drpada upload.
    Lagipula ada mega sih yg kasih 50gb gratis. Ada g-drive jg, ada box jg, ada dropbox, 4shared, facebook tuk nyimpen2 foto. Masih banyak layanan cloud gratis di dunia.

    Sayang jg siih perkembangan zaman udah semakin menggila dengan kapasitas 16gb internal di iphone 6s aja dirasa udah gak bisa mengakomodir penggunaan data pengguna.
    Gagal sepaham sama mikocok.

  • Ghet

    maklumlah karna mereka pan sudah cross platform jadi yg makai bertambah byk dg user andro dan ipon.

    kalau yang makai cuman user WP aja pasti free storage 15 GB itu gakkan berkurang jd 5 GB. pan user WP cuman dikit :’v

  • Yossi

    brarti punya ane yang 30gb bisa kena potonf dong ye?

  • Hazar

    Gan tolog bantuanya,, laptop saya keformat semua datanya itu apa bisa dikembalikan gk iya.. Tlong ya gan semuay… Ini no hp saya 085231144702, hazar.basir@gmail.com. Di tggu iya gan.

  • Syafri

    Migrating to dropbox aja.

  • RiDho Ahmad

    Keep Calm

  • rio

    sebenere microsoft tuh jualan apa sih?
    segalanya telah ditiadakan.
    dari aplikasi, sampai layanan.
    nyimak aja lah.

  • tezzs

    bijimana ini yang laen dah mule unlimited2an usercould userfiles unlimited tencent 10 tb qhoo360 1tb baidu 1 tb nah ini melempem 5 gb

  • mungkin saya akan bermigrasi ke dropbox, karena ondrive udah banyak gratisannya,langsung hilang dalam sekejap :D