Saat ini seperti yang kita tahu banyak sekali konten online yang salah, hoax, misinformasi, menipu, dan lainnya yang telah menyesatkan, membuat salah paham dan bahkan merusak kehidupan.

Apalagi dimasa pandemi seperti ini, ada banyak sekali konten berunsur hoax, dan mengenai hal tersebut, baru baru ini dilansir dari Neowin, tampaknya beberapa entitas dari industri teknologi dan media masa telah bergabung untuk membentuk sebuah koalisi untuk pembuktian dan keaslian konten atau disebut dengan Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA).

Anggota yang saat ini telah tergabung mencakup Microsoft, Adone, Arm, Intel, BBC dan Truepic, dan tentu mungkin kedepannya akan ada anggota lainnya yang bergabung didalam koalisi ini.

Mengenai C2PA ini nantinya akan bertanggung jawab untuk mengembangkan standar teknis yang dapat membantu pengguna dalam mengidentifikasi asal konten media termasuk gambar, audio, video dan dokumen. Dan ini akan memungkinkan mereka yang berada di Industri yang relevan untuk mengidentifikasi bagaimana informasi tersebut disimpan dan disajikan:

The C2PA’s open standard will give platforms a method to preserve and read provenance-based digital content. Because an open standard can be adopted by any online platform, it is critical to scaling trust across the internet. In addition to the inclusion of varied media types at scale, C2PA is driving an end-to-end provenance experience from the capturing device to the information consumer. Collaboration with chipmakers, news organizations, and software and platform companies is critical to facilitate a comprehensive provenance standard and drive broad adoption across the content ecosystem.” Kata Microsoft

Selain itu perlu diketahui juga bahwa beberapa anggota dari koalisi ini sebelumnya telah mengerjakan project serupa, contohnya saja Adobe dengan Adobe Content Authenticity Initiative (CAI), whereas BBC dan Microsoft’s Project Origin yang pada dasarnya memiliki visi yang sama, memberantas misinformasi didunia.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? komen dibawah guys.

Via : Microsoft, Neowin

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.