Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Microsoft baru baru ini telah menambahkan sebuah fitur bernama Sleeping Tabs yang mana dengan fitur ini akan menghemat pengguna RAM dan CPU dengan mengubah kondisi tab yang terbuka menjadi Sleep atau tertidur.

Terkait fitur ini pula, baru baru ini Microsoft juga telah menjelaskan bagaimana manfaat dari fitur Sleeping tabs serta memberikan perbandingan rata rata pengguna RAM dan CPU jika tanpa dan dengan sleeping tabs.

Penggunaan CPU rata-rata Microsoft Edge berdasarkan data kinerja yang dikumpulkan di ~ 13000 perangkat
Penggunaan memori rata-rata Microsoft Edge berdasarkan data kinerja yang dikumpulkan di ~ 13000 perangkat

Dalam grafik perbandingan yang dapat kamu lihat diatas, penggunaan RAM jika mengaktifkan fitur Sleeping tabs mengalami penurunan Rata Rata 26% untuk penggunaan RAM. Selain itu Microsoft juga mencatat bahwa Tab yang berjalan di background tanpa menggunakan sleeping tab menggunakan CPU 29% lebih banyak dibandingkan ketika fitur Sleeping tabs diaktifkan.

Baca Juga : Cara Aktifkan Sleeping Tab di Microsoft Edge Chromium

Dengan fitur ini tentu efek lainnya adalah selain dapat menambah performa dan menghemat resource cpu dan ram, ini juga dapat menghemat battery dengan cukup baik.

Bagaimana? fitur ini menarik bukan?, untuk sekarang fitur Sleeping tab ini masih tersedia di Edge Canary 87.0.643.0 atau yang lebih baru dengan mengaktifkan Flags Experimental edge://flags/#edge-sleeping-tabs, untuk langkah tutorialnya sudah WinPoin jelaskan pada halaman berikut.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur baru Edge Chromium ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft, Neowin

  Bikin Netizen Heboh, Sehebat Itukah POCO X3 NFC..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.