Kemarin lebih tepatnya pada 13 Januari 2023, ada satu hal yang mungkin cukup mengesalkan untuk sebagian pengguna Windows 10, terutama pengguna yang mengandalkan Microsoft Defender. Dimana ternyata ada satu masalah yang disebabkan oleh security intelligence update version 1.381.2140.0 di Microsoft Defender yang membuat Defender menghapus semua shortcut dengan format (.ink) yang berlokasi didalam ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs.

Tentu dengan dihapusnya shortcut tersebut sejumlah pengguna tidak bisa mengakses aplikasi mereka dengan cepat, dan bahkan tentu dengan itu sejumlah aplikasi akan menghilang dari daftar aplikasi di Start Menu.

Dilansir dari Reddit, sejumlah pengguna mengatakan bahwa masalah ini terjadi di Windows 10 namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga di Windows 11 jika pengguna menggunakan Microsoft Defender.

Sementara masalah ini mulai viral disosial media, Microsoft beberapa jam sebelumnya merilis konfirmasi dan mengatakan bahwa mereka saat ini tengah melakukan investigasi masalah tersebut.

Dan kemudian tidak lama setelah mereka mengkonfirmasi masalah tersebut, akhirnya mereka memberikan update bahwa masalah terlah diperbaiki dan mereka telah mencegah masalah yang mungkin terjadi dikemudian hari.

Mengenai masalah ini, ternyata ini disebabkan oleh setting Attack Surface Reduction Rule (ASR) rule “92e97fa1-2edf-4476-bdd6-9dd0b4dddc7b” yang diatur menjadi Audit Only, namun setelah Microsoft mengubah rule tersebut diharapkan masalah yang sama tidak akan terulang dikemudian hari.

Nah apakah kamu mendapati masalah ini? komen dibawah jika iya guys.

Via : Reddit, Twitter

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.