images via petapixel

Wallpaper default Windows XP, Bliss, disebut-sebut sebagai foto paling sering dilihat sepanjang masa. Sebenarnya ada banyak Wallpaper lain di Windows XP, tapi Bliss adalah yang paling terkenal, kemudian diperingkat bawahnya ada wallpaper Autumn. Charles O’Rear, sang fotografer dari Bliss menerima $100.000 dari Microsoft. Namun tahukah kamu kalau fotografer wallpaper Autumn hanya dibayar $45 saja?

Sang fotografer dibalik wallpaper Autumn, Peter Burian benar-benar hanya menerima $45 saja. Lantas apakah Peter Burian tidak terima? Ups, ternyata Peter Burian oke-oke saja dengan uang segitu. Alasan dibalik legowonya Burian ternyata terkait dengan lisensi. Berbeda dengan Charles yang mengambil foto Bliss eksklusif untuk Microsoft, Peter mengunggah fotonya ke Corbis sebagai gambar bebas royalti, dan mendapatkan biaya senilai dengan harga foto Autumn di Corbis. Saat itu Microsoft membeli foto Autumn dari Corbis senilai $300, lalu setelah potongan jasa penjualan, Burian menerima $45.

Dilansir dari Toronto Star, Burian mengatakan bahwa dia sendiri terkejut bahwa fotonya tersedia untuk jutaan orang sebagai Wallpaper XP. Burian berkata “Aku tidak memikirkan apapun saat mengambil foto ini.”

Dua foto yang bernasib sama, namun fotografernya dihargai dengan harga bagai langit dan bumi. Salah satunya terkenal di seluruh dunia, dan dikontrak brand terkenal seperti Lufthansa. Satunya lagi mendapatkan bayaran “makan enak.” Tapi, yah, itulah bisnis. Kalau saja Burian menjualnya secara eksklusif pada Microsoft, mungkin dia juga mendapat bayaran yang sama dengan O’Rear.

Via petapixel

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.