Jika dulu orang biasa menggunakan sticky notes, yaitu sebuah kertas catatan yang ditempel di meja kerja atau perabotan untuk mengingatkan dirinya akan sesuatu, maka sekarang seiring pergeseran zaman menuju era digital, kita dapat membuat ‘sticky note’ di PC atau laptop sebagai sebuah catatan yang didesain mirip dengan sticky note fisik dan seakan ‘menempel’ di layar komputer. Sebenarnya software ini sudah dijadikan default Windows 7, akan tetapi penggunaannya semakin diperluas di era Windows 10!

Nah, dengan menggunakan Sticky Notes, bukan saja mengingatkan kamu saat sedang menatap layar PC atau laptop, Sticky Notes Windows 10 juga akan mengingatkan kamu dalam artian literal! Ya. Kamu sekarang bisa menyetel reminder di Sticky Notes untuk kemudian mendapatkan pengingat dari perangkat Windows 10 kamu. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, kamu menuliskan hal yang kamu inginkan untuk diingatkan oleh Sticky Notes. Kamu bisa mengetikkannya secara biasa atau menggunakan fitur ink untuk membuat tulisan tangan di Sticky Note. Misalnya jadwal pertandingan bola klub favorit kamu.

Nah, saat kamu mengetikkan waktu dengan detail, misalnya menuliskan jam atau tanggal, maka teks jam atau tanggal tersebut akan berubah warna menjadi biru. Jika kamu mengklik teks yang berwarna biru tersebut, maka akan keluar opsi Add Reminder. Kamu tinggal klik atau tap (jika perangkat kamu memiliki fungsi touchscreen) pada ikon tersebut.

Nah, Cortana akan keluar dan menanyakan apakah kamu ingin diingatkan terkait Sticky Notes yang kamu buat tersebut. Kamu tinggal menyetel waktu reminder pada Cortana.

Selesai! Cortana akan mengingatkan kamu sesuai dengan waktu yang kamu setel. Sementara itu, secara visual kamu juga akan menatap Sticky Note catatan kamu di layar PC atau laptop, sehingga kecil kemungkinan kamu akan melewatkan hal yang direncanakan tersebut.

Nah, begitulah cara sederhana untuk membuat reminder dari Sticky Notes. Apakah kamu punya tips lain untuk memanfaatkan Sticky Notes? Tuangkan wawasan kamu di kolom komentar!

 

  AXIS HYPHONE Beneran Unlimited..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.