via MSPoweruser

Minggu lalu Winpoin mengungkap akan adanya fitur baru Microsoft, yaitu Cloud Download yang akan memudahkan penginstalan Windows 10 langsung ke laptop yang tidak memiliki disk atau file master Windows 10. Caranya adalah dengan langsung men-download OS ini dari server Microsoft.

Konsep ini makin jelas berkat ‘percobaan’ yang dilakukan oleh beberapa ahli teknologi penggemar Microsoft yang hobi menginfokan fitur-fitur baru Windows 10. Salah satunya adalah dari Albacore.

Dia mengungkap bahwa fitur ini sekarang sudah bisa digunakan untuk download Windows 10 Build 14393, yang juga dikenal sebagai Redstone 1 (dirilis Agustus 2016). Nampaknya ini baru percobaan dari Microsoft.

Jika dibandingkan dengan build serupa yang di-download dari Media Creation Tool, file yang didapatkan sama persis tanpa kustomisasi atau perbedaan saat mengunduh.

Sebagaimana namanya, fitur ini hanya bekerja jika PC terhubung oleh jaringan internet yang lancar. Fungsinya digabung dengan reset yang akan memudahkan pengguna untuk instal dari awal.

Kabar menarik lainnya, Surface Hub juga menyertakan opsi Recover from cloud yang mana akan bekerja jika perangkat tidak dapat diakses, dan dapat men-download Windows dari Cloud.

Kabar ini sudah dibenarkan oleh Microsoft dari rilis resminya:

Jika karena alasan tertentu Surface Hub tidak dapat digunakan, Anda akan dapat tetap memulihkannya dari cloud tanpa bantuan dari Microsoft Support. Surface Hub dapat mengunduh image sistem operasi ini dari cloud dan menggunakannya untuk melakukan instal ulang sistem operasinya. Anda hanya dapat menggunakan proses pemulihan ini jika terjadi keadaan sebagai berikut:
* Surface Hub atau akun terkaitnya menjadi tidak stabil
* Surface Hub terkunci

Dari fakta-fakta ini, sudah hampir pasti bahwa Microsoft akan merilis fitur unik tersebut, hanya saja memerlukan penyempurnaan dari segi teknis agar nantinya fitur ini bisa lancar dimanfaatkan pengguna. Ini akan bermanfaat saat laptop atau PC kamu bermasalah sedangkan kamu sedang tidak memiliki salinan Windows 10 untuk melakukan instal ulang.

Sumber: MSPoweruser

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.