Microsoft baru saja merilis Windows 10 Build 17115 untuk Insider di Fast Ring. Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya, build ini hadir dengan pengalaman penyiapan privasi yang benar-benar baru bagi pengguna. Seperti apa gambarannya?

Desain baru ini menawarkan informasi terfokus guna membantu pengguna Windows 10 membuat pilihan yang terfokus bagi privasinya. Ini juga menawarkan dua pengaturan baru untuk Inking & Typing serta Find my device.

Beberapa peserta Insider yang menginstal build ini dapat merasakan pengalaman penyiapan privasi baru ini. Pengalaman tersebut berbeda-beda di antara orang yang berbeda. Beberapa di antaranya dapat meninjau pengaturannya melalui penyiapan layar tunggal, yang mana pilihan seperti Find my Device dan Inking & Typing merupakan pilihan mandiri. Lainnya akan melihat layar tersendiri menampilkan pengaturan privasi.

Ingin melihatnya sendiri secara langsung? buka Start > Settings > Privacy. Maka kamu akan mendapatkan tampilan halaman seperti ini.

Perubahan privasi ini hadir bersama Windows Diagnostic Data Viewer yang terpisah. Viewer ini menyertakan gambaran umum data yang dikirimkan ke server Microsoft oleh Windows 10. Microsoft memang mengumpulkan data Windows 10 secara anonim dari pengguna untuk membantu meningkatkan kualitas operating system dan membuat keputusan terkait produk. Perubahan privasi ini nampaknya sebuah upaya penyesuaian yang dilakukan Microsoft untuk menghapus tuduhan bahwa Microsoft sengaja mengumpulkan data pelanggannya tanpa izin. Dengan perubahan ini, pengguna dapat memilih untuk tidak berpartisipasi pada program ini.

Bagaimana pendapat kamu tentang pengubahan UI privasi dari Windows 10 ini? Apakah ini akan efektif untuk mencegah pengumpulan data dari Microsoft yang dicurigai pengguna untuk kepentingan komersial?

 

Sumber: MSPoweruser, TheVerge

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.