Sangat ajaib membayangkan bahwa objek-objek virtual kini dapat diletakkan langsung di depan pandangan kita, dan kita dapat berinteraksi dengannya secara langsung. Penyatuan dunia nyata dan virtual yang terbaik hingga saat ini disebut-sebut masih dilakukan paling baik oleh HoloLens dari Microsoft. Namun kompetitor tidak tinggal diam. Magic Leap, Apple, dan Google, perlahan-lahan muncul ke permukaan dengan perangkat kreasinya masing-masing. Dari dulu kelemahan Microsoft tetap sama: Susah bersaing di ranah konsumen meskipun terkenal sebagai pelopor dalam banyak bidang teknologi.

Dalam upaya mengantisipasi tindakan kompetitor ini, Microsoft mengembangkan HoloLens v2 yang bakal lebih ringan dan lebih mudah dikenakan konsumen. Untuk ‘menciptakan keajaiban’ ini, Microsoft bergantung pada Himax untuk memasok waveguide, komponen yang krusial untuk memproyeksikan gambar virtual ke mata pengguna. Komponen ini sangat penting, tapi juga menjadi masalah besar karena Microsoft tidak mampu menyiapkannya secara massal.

Menurut Thurrott, HoloLens 2.0 akan juga memerlukan komponen ini.

Perubahan terbesar dalam HoloLens versi 2.0 adalah mesin yang lebih ringan serta spek perangkat keras yang lebih tinggi. Ini memudahkan konsumen untuk membelinya, meskipun saya tidak yakin bahwa rumah tangga biasa bakal tertarik karena harganya yang bakal tinggi. Microsoft tampaknya bersungguh-sungguh dalam pengembangan HoloLens, tidak melulu bergantung pada pihak ketiga yang membantu desain dan pengembangan. Sudut pandang lebih luas yang menjadi masalah pada HoloLens orisinal juga tidak akan menjadi masalah di perangkat baru ini

Tujuan utama Microsoft adalah menurunkan biaya dan meningkatkan field of view atau sudut pandang. Ini sudah terlihat dari beberapa paten yang diajukan Microsoft beberapa tahun belakangan ini.

Di sisi lain, Microsoft juga melakukan pengembangan internal untuk menyempurnakan experience HoloLensDengan demikian, Microsoft akan berhasil menarik minat pengguna untuk memanfaatkan perangkat komputer generasi baru yang super canggih ini.

Bagaimana pendapat kamu tentang kemungkinan hadirnya HoloLens versi 2.0 untuk konsumen? Apakah kamu juga penasaran akan perangkat ini?

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.