via compnow

Sebelumnya Winpoin sudah memberitakan bahwa Microsoft berniat untuk merilis Surface dengan harga yang lebih bersahabat untuk menyaingi iPad yang juga memiliki opsi ‘ramah harga’. Rencananya tablet Surface ini akan berada di rentang harga USD 400. Informasi terbaru menyatakan bahwa Microsoft sudah memastikan bahwa Surface baru ini nantinya akan menggunakan prosesor Intel (tidak seperti tren perangkat ‘always connected PC‘ baru-baru ini yang menggunakan Snapdragon).

Informasi ini tentu saja tidak mengejutkan. Perhitungan Microsoft untuk merilis perangkat murah didasari pada kuatnya posisi Microsoft di dunia pendidikan. Microsoft perlu memberikan dukungan pada sektor ini karena di masa mendatang, pelajar yang sudah terbiasa menggunakan solusi dari Microsoft tentu akan melanjutkan menggunakannya. Kemudian keputusan menggunakan Intel juga tidak begitu mengejutkan. Microsoft telah lama memiliki hubungan baik dengan Intel. Meskipun prosesor ARM yang mendayai Always Connected PC kelihatannya akan lebih menarik jika dimanfaatkan dalam konteks pendidikan (karena pekerjaan yang dibutuhkan lebih ringan dan juga kekuatan baterai yang tahan lama). Namun Microsoft beralasan bahwa pengalaman pengguna di komputer berbasis ARM masih belum optimal dan mereka tidak ingin memberikan kesan kepada para pelajar bahwa pengalaman menggunakan Windows itu buruk. Oleh karena itu, jika ingin memproduksi perangkat sebagai ‘percontohan’ seperti Surface, maka Microsoft harus memilih prosesor yang mampu memberikan pengalaman terbaik, dalam hal ini: Intel!

Apalagi rentang harga perangkat dengan prosesor ARM juga berada di kisaran ‘Surface murah’ ini. Daripada mendapatkan publikasi buruk, maka Microsoft akhirnya memastikan untuk memilih menggunakan Intel.

Bagaimana pendapat kamu tentang keputusan Microsoft ini? Apakah sudah tepat dan dengan strategi ini, apakah kamu berniat membeli perangkat ‘Surface murah’ dari Microsoft? (Oke, sebenarnya saya harus menyertakan disclaimer umum: kalau dijual di Indonesia – Karena seperti yang kita tahu, Surface tidak masuk secara resmi di Indonesia)

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.