Home News Microsoft Patenkan Fingerprint Gesture, Calon Fitur Sensor Sidik Jari di Seluruh Layar?

Microsoft Patenkan Fingerprint Gesture, Calon Fitur Sensor Sidik Jari di Seluruh Layar?

gesture-patent-1Google sebelumnya memperkenalkan fitur fingerprint gesture melalui sensor sidik di Google Pixel. Dengan melakukan swipe ke bawah pada sensor tersebut, kamu bisa menampilkan pemberitahuan di layar. Ternyata Microsoft saat ini sedang mengembangkan fitur serupa. Bedanya, sensor ini akan terpasang di seluruh layar. [Baca Juga: Paten Baru Microsoft: Sensor Sidik Jari Menyatu dengan Layar]

Berdasarkan paten yang dinamakan “Biometric Gestures” ini, Microsoft menyatakan:

Dalam penerapannya, sensor biometrik seperti sensor sidik jari didesain untuk mendeteksi input. Ketika input gesture diterima dari pengguna, sensor biometrik akan mendeteksi karakteristik biometrik tersebut (dalam hal ini sidik jari) dari pengguna untuk menentukan sebuah aksi, seperti tap, touch, hold, atau swipe berdasarkan gesture. Pengguna akan otomatis terautentikasi jika karakter biometrik mendeteksi pengguna yang berwenang. Dengan demikian, pengguna tersebut bisa menggunakan gesture yang telah terdaftar seperti menampilkan informasi pribadi di layar penguncian atau membuka action center dengan cepat.

Intinya, tidak seperti gesture kebanyakan yang bisa dipakai semua orang, kamu bisa membuat gesture yang spesial untuk kamu sendiri. Karena gesture ini akan aktif bila mendeteksi sidik jarimu.

Saat ini Apple juga mengembangkan sensor yang serupa, pendeteksi sidik jari di seluruh permukaan layar. [Baca Juga: Apple Juga Patenkan Deteksi Sidik Jari di Layar Smartphone]. Hal ini membuat setiap perusahaan harus memiliki fitur spesialnya sendiri. Microsoft mengembangkan gesture ini, entah apa fitur yang sedang dikembangkan Apple. Nah bagaimana menurutmu? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

 

via MSPU

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.