Home News Microsoft Patenkan Teknologi untuk Proyeksikan Augmented Reality

Microsoft Patenkan Teknologi untuk Proyeksikan Augmented Reality

holodeckSebulan yang lalu, kita pernah berdiskusi tentang ide-ide apa yang bisa kamu sumbangkan untuk Microsoft yang sekiranya realistis dan bisa diwujudkan dalam waktu kurang dari 3 tahun [Baca Juga: Inovasi Seperti apa yang Ingin Kamu Sumbangkan untuk Microsoft]. Salah satu ide saya disana adalah HoloLive, teknologi untuk memproyeksikan HoloLens. Ternyata benar saja, Microsoft saat ini sedang mengembangkan teknologi tersebut!

Dari video tersebut kita bisa melihat bagaimana sebuah perangkat AR bisa terkoneksi dengan proyektor. Sehingga orang lain bisa melihat apa yang sebenarnya pengguna AR lihat tanpa ikut menggunakan perangkat AR. Di video tersebut juga diperlihatkan bagaimana perbandingan luas pandangan dari pengguna AR dan hasil dari proyektor.

fovear-patent

Microsoft sendiri sudah mematenkan teknologi tersebut agar inovasinya tidak diklaim oleh pihak lain. Teknologi ini akan mampu mengatasi kelemahan terbesar dari HoloLens yaitu, luas pandangan yang sangat terbatas dan Hologramnya hanya bisa dilihat pengguna HoloLens.

fovear-patent-2

Jadi, cara kerja dari teknologi ini secara ringkas adalah mengambil data dari lingkungan pengguna, lalu data tersebut masuk dan diproses oleh perangkat yang kita pakai, dan dari perangkat yang kita pakai tersebut akan dikirim ke proyektor khusus yang mampu memproyeksikan hasil dari data dan pandangan pengguna perangkat AR. Konon proyektor khusus ini kelak akan dinamakan Holodeck.

Dengan demikian, teknologi AR Microsoft bisa dibilang paling maju dan paling mendekati teknologi Hologram yang sesungguhnya. Hari dimana manusia berinteraksi dengan hologram seperti di film-film semakin dekat. Nah, apakah kamu juga menantikan hari tersebut? Bagikan pendapatmu disini yak! :)

via MSPU

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.