Home Accessories Mengenal DJI Agras, Drone untuk Dunia Pertanian

Mengenal DJI Agras, Drone untuk Dunia Pertanian

Agras MG-1 3Dunia agrikultur atau pertanian identik dengan budaya dan kegiatan tradisional. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki alat-alat yang canggih. Traktor-traktor raksasa, teknologi pengolah hasil panena, bahkan kebanyakan petani di negara maju memiliki pesawat pribadi yang digunakan untuk pemupukan, penyemprotan pestisida, dan masih banyak lagi. Akan tetapi di negara kita ini mayoritas luas lahan seorang petani tidak seluas para petani di negara maju. Lantas alat apa yang cocok untuk mempermudah kegiatan mereka? Inilah, DJI Agras MG-1, Drone canggih untuk para petani buatan produsen drone paling top, DJI.

DJI Agras MG-1 merupakan sebuah drone dengan delapan baling-baling yang berfungsi untuk mengangkut pestisida, pupuk dan herbisida secara efisien. Drone ini mampu mengangkat beban sampai 10 kg, dan mampu mencangkup area 4000-6000 m² dalam waktu 10 menit saja. Bayangkan berapa waktu yang dibutuhkan jika dilakukan secara manual. Selain itu, semua hal diatas bisa berjalan secara manual, semi manual, dan otomatis. Drone ini juga bisa menyimpan memori lokasi dari lahanmu, bahkan untuk lahan dengan model terasiring.

 

Digunakan untuk kegiatan lapang kelas berat, Drone ini memiliki desain yang solid, anti karat, anti debu, dan anti air (ya iyalah, yang diangkut cairan). Tangan baling-baling drone ini juga bisa dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Meskipun tidak terlalu besar jika kamu melihat remotenya, kamu pasti langsung sadar, ini drone buat pekerjaan serius, bukan cuma asal terbang terus rekam area ala anak kekinian.

DJI Agras (3)

Untuk harganya sendiri… yah, bisa dibilang mahal, $15000 atau sekitar 200 juta rupiah. Tapi jangan membuat asumsi para petani itu miskin lho ya, tidak sedikit dari mereka yang menganggap harga 200 juta itu terjangkau, apalagi untuk sebuah drone yang canggih. Namun sayangnya drone ini baru dijual di China dan Korea. DJI Agras 4

 

Banyak orang yang menganggap teknologi itu buruk untuk lingkungan, kehidupan dan bla, bla, bla. Tentu saja buruk, jika dilihat dari satu sudut pandang saja. Lihat saja DJI Agras ini, dilihat dari sisi manapun, drone satu ini sangat bermanfaat untuk kegiatan manusia. Semoga saja Indonesia segera melek dan fokus mengembangkan teknologi daripada meributkan politik (eh). Nah, bagaimana menurutmu? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

 

source DJI

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.