Microsoft Rilis Windows 11 Insider Dev Build 23486

Minggu ini para pengguna Windows Insider Dev dan Beta mendapatkan update baru dimana untuk Insider Beta update yang dirilis adalah update KB5027311 yang mana menghadirkan cukup banyak peningkatan didalamnya.

Nah sementara itu, untuk para pengguna Windows Insider Dev Channel, ada build baru yaitu Build 23486 yang tentunya membawa peningkatan juga loh, penasaran apa saja? berikut WinPoin rangkum beberapa diantaranya.

Yang pertama ada Passwordless Improvements, dimana melalui Build ini Microsoft memperkenalkan dukungan passkey untuk digunakan melakukan sign in ke Website atau Apps melalui Windows Hello. (Jika kamu penasaran mengenai hal ini, informasi lengkap mengenai Passwordless Improvements bisa kamu baca pada halaman resmi Microsoft berikut).

Umumnya, kemampuan ini akan mempermudah pengguna untuk melakukan login terhadap sebuah layanan atau aplikasi cukup dengan memberikan keamanan yang lebih ekstra.

Selain kemampuan tersebut, ada sejumlah peningkatan lain yang juga dihadirkan loh, termasuk adanya Dev Home sebagai Inbox app dimana nantinya Dev Home akan dapat pengguna temukan di Start > All apps > Windows Tools. (Informasi mengenai Dev Home bisa kamu lihat pada halaman berikut).

Selanjutnya, ada peningkatan pada File Explorer dimana seperti yang telah dijelaskan di artikel Ditentang Komunitas, Penghapusan Sejumlah Item di Folder Options Dibatalkan Microsoft, Microsoft tidak jadi menghapus sejumlah item di Folder Options Windows 11.

Kemudian ada peningkatan pada Dynamic Lightning dimana ada sejumlah efek baru yang bisa pengguna temukan dihalaman Settings > Personalization > Dynamic Lighting, namun perlu diingat bahwa fitur ini hanya bekerja untuk kamu yang memiliki perangkat yang mendukung saja.

Nah selain itu, Unicode Emoji 15 yang sebelumnya diperkenalkan di Build 23475, kini mulai tersedia untuk semua pengguna Insider Dev Channel, jadi jika sebelumnya kamu belum mendapatkan Unicode Emoji 15, kini kamu sudah pasti akan kebagian.

Untuk peningkatan di halaman Settings pun, kini Microsoft telah meningkatkan user experience ketika kamu mengubah zona waktu, jika pengaturan lokasi dinonaktifkan, kini akan ada peringatan pada pengguna mengenai akurasi lokasi dari zona waktu tersebut.

Lalu apakah ada perbaikan lain? tentu saja ada dan berikut adalah diantaranya:

  • Adanya perbaikan pada masalah Dynamic Lightning yang sebelumnya dikabarkan tidak bekerja dengan baik.
  • Adanya perbaikan dimana sebuah blank window akan menampilkan title “Windows Input Experience” ketika perangkat berada dalam posisi resume setelah sleep.
  • Adanya perbaikan pada login screen yang crash ketika mencoba mengkoneksikan jaringan.

Dan perbaikan lain berkaitan dengan Task Manager diantaranya :

  • Fixed an issue causing Task Manager crashes for some people.
  • Fixed an issue where focus wasn’t getting set correctly to search if the Task Manager window was small enough that search was collapsed to an icon.
  • Fixed alignment of Task Manager icon and name in the title bar.
  • Right clicking the empty space in the Details page (aka so no process is actually selected) will no longer show the option to create live kernel memory dumps.
  • Fixed an issue where the live kernel memory dumps weren’t being cleaned up by Storage Sense.

Lalu apakah ada known issues?, tentunya ada banyak, namun ada satu yang baru diperkenalkan, yaitu pada kasus tertentu background context menu di File Explorer mungkin akan tampil transparan, selain itu setelah mengubah Windows Display Language, Search Box di Taskbar mungkin akan menampilkan bahasa sebelumnya untuk beberapa waktu, dan Text Scalling mungkin tidak akan bekerja di Search Flyout.

Untuk changelog lengkapnya kamu bisa meluncur ke halaman berikut, namun yang pasti, update ini kini sudah tersedia untuk para pengguna Windows Insider Dev Channel, jika kamu belum kebagian, kamu sudah bisa mendapatkannya melalui halaman Settings > Windows Update > Check for Updates.

Via : Microsoft

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation