Microsoft baru saja mengumumkan sebuah fitur yang banyak ditunggu-tunggu oleh para geek (dan tentu saja developer) di Windows 10 19H1 awal tahun depan. Fitur ini disebut sebagai Windows Sandbox. Fitur ini akan menjadi bagian Windows 10 Pro dan Enterprise. Seperti namanya, fitur ini akan menciptakan ‘lingkungan desktop temporer yang terisolasi’. Ini akan dapat digunakan pengguna untuk menjalankan software yang kemungkinan berbahaya.

Awal tahun ini, Microsoft dirumorkan menyiapkan fitur keamanan baru untuk Windows 10 yang disebut sebagai InPrivate Desktop. Fitur ini disebutkan dalam Feedback Hub untuk Insider pada bulan Agustus yang lalu. Kode untuk InPrivate Desktop ini adalah “Madrid”.

Dalam postingan di blog hari ini, Microsoft membahas Windows Sandbox yang merupakan versi baru dari InPrivate Desktop, yang mana akan tersedia bagi pengguna Windows 10 Pro atau Enterprise yang menjalankan Build 18301 ke atas. Perlu dicatat bahwa saat ini Microsoft masih belum memberikan Build 18301 kepada Windows Insider untuk diuji coba, tapi kemungkinan hal tersebut akan dilakukan minggu ini. Salah satu komponen penting untuk menjalankan fitur ini adalah AMD64 dan kemampuan virtualisasi yang diaktifkan pada BIOS.

Jadi apa itu Windows Sandbox sebenarnya? Windows Sandbox adalah fitur virtual machine yang dikembangkan menggunakan Windows Container. Fitur ini juga menggunakan teknologi yang disebut integrated scheduler yang memungkinkan host untuk memutuskan kapan ingin menjalankan ‘sandbox’ tersebut. Sepertinya fitur ini akan sangat bermanfaat bagi para developer yang ingin menguji coba aplikasinya, atau pengguna geek yang ingin mencoba aplikasi baru tertentu, akan tetapi tidak ingin terkena dampak virus yang mungkin menumpang pada software pihak ketiga.

Bagaimana pendapat kamu tentang Windows Sandbox ini? Apakah fitur semacam ini adalah salah satu fitur yang kamu nantikan dari Windows 10?

 

 

Sumber: ZDNet

  Redmi 7 Sudah Resmi!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.