Bayangkan kamu berada di situasi berikut: Kamu sedang mengerjakan sebuah makalah hukum, penuh dengan istilah-istilah hukum yang rumit ejaannya, tapi repetitif alias banyak pengulangan dari awal sampai akhir. Jika kamu adalah pengguna Windows 10, maka kamu dapat mengambil manfaat dari fitur clipboard Microsoft! Dengan fitur ini, kamu bisa kopas dengan mudah istilah, atau bahkan frasa dan paragraf yang kamu perlukan, untuk dapat dengan mudah menulis banyak istilah rumit tanpa salah! Bagaimana caranya?

Gambaran skemanya seperti ini, Microsoft telah menyediakan sebuah fitur clipboard yang memungkinkan kamu menyimpan sangat banyak kata, frasa, atau paragraf, dalam kolom yang berbentuk kartu-kartu, memudahkan kamu untuk menelusuri dan langsung menyalin kata, frasa, atau paragraf tertentu.

Pertama, kamu perlu membuka Settings > System > Clipboard.

Kamu akan menemukan tombol Sync Across Devices yang memungkinkan kamu memanfaatkan fitur clipboard ini lintas perangkat. Bagaimana bisa begitu? Fitur clipboard ini tersambung ke Cloud, sehingga kamu bisa mengambil manfaat dari hal ini dengan melanjutkan pekerjaanmu lintas perangkat. Oya, kamu juga perlu Sign in terlebih dahulu jika misalnya kamu belum melakukannya. Ini adalah agar clipboard kamu nantinya bisa diakses oleh perangkat-perangkat lain di cloud yang sama.

Untuk mengeluarkan daftar Clipboard yang kamu buat, klik tombol Windows + V. Ini akan menjadikan kamu menyimpan kata, frasa, atau paragraf kamu ke deretan kartu pada clipboard. Bagaimana caranya menyimpan kartu tertentu dan menghapus kartu lain yang mungkin secara tidak sengaja dibentuk?

Kamu cukup menekan tombol Pin yang terdapat di setiap kartu, lalu tekan tombol Clear all untuk menghapus semua kartu yang tidak diperlukan. Nah, dengan demikian clipboard kamu sudah siap. Dalam pengoperasiannya, kamu cukup menekan Windows + V, pilih kartu berisi kata, frasa, atau paragraf yang diinginkan, dan dengan satu klik kamu akan menyalin konten di dalam kartu tersebut ke file atau browser yang sedang kamu buka.

Untuk ke depannya, bukan hanya lintas perangkat, tapi juga nantinya Microsoft mengungkapkan bahwa fitur ini akan dapat digunakan lintas OS. Kamu juga bisa meneruskan pekerjaan dari PC/laptop ke ponsel, atau sebaliknya.

Fitur ini tentu saja akan sangat membantu untuk pelajar dan mahasiswa yang kemungkinan akan memerlukannya untuk menyalin banyak istilah spesifik dan digunakan untuk menulis artikel/makalah sebagai persyaratan tugasnya. Ada ide spesifik lain tentang bagaimana memanfaatkan fitur clipboard ini adalam kehidupan sehari-hari? Sumbangkan saranmu di kolom komentar!

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.