Beberapa pengguna Windows 10 melaporkan bahwa setelah update ke build terbaru, pengguna terkadang harus melakukan reboot setiap menyalakan perangkat karena diminta oleh perangkatnya masing-masing. Dari hasil penyelidikan Microsoft, ini disebabkan oleh error pada browser lama Microsoft, Internet Explorer

Microsoft merilis berita resmi sebagai berikut:

sebuah kerentanan eksekusi kode jarak jauh muncul sehingga mengakibatkan scripting engine menangani objek dalam memori di Internet Explorer. Kerentanan ini dapat merusak memori sedemikian rupa sehingga seorang penyerang atau hacker dapat mengeksekusi kode arbitrer dalam konteks pengguna sekarang. Penyerang yang berhasil mengeksploitasi kerentanan ini dapat memperoleh hak pengguna sebagai pengguna saat ini. Jika pengguna saat ini login dengan hak administratif, maka penyerang yang berhasil mengeksploitasi kerentanan ini dapat mengambil alih kendali sistem yang terdampak. Penyerang akan dapat menginstal program, melihat, mengubah, atau menghapus data, atau membuat akun baru dengan hak pengguna penuh.

Dalam sebuah skenario serangan berbasis web, seorang penyerang dapat melakukan hosting pada situs web khusus yang dirancang untuk mengeksploitasi kerentanan melalui Internet Explorer dan kemudian meyakinkan pengguna untuk memeriksa situs webnya, misalnya, dengan mengirimkan email.

Update yang dikirimkan Microsoft ini mengatasi kerentanan dengan mengubah cara scripting engine menangani objek dalam memori.

Untuk pengguna yang sudah menginstal Windows 10 October 2018 Update, file KB4483235 yang disiapkan Microsoft akan mengubah nomor build menjadi 17763.195. Kamu bisa men-download-nya di sini secara manual.

Jika kamu ada di Windows 10 April Update atau versi 1803, kamu akan mendapatkan file KB4483234, yang akan mengubah nomor build menjadi  17134.472. Kamu bisa download secara manual di sini.

Jika kamu ada di Windows 10 Fall Creators Update, atau versi 1709, kamu akan mendapatkan file KB4483232, yang akan mengubah nomor build menjadi 16299.847. Kamu bisa download file update ini secara manual di sini.

Untuk versi sebelumnya, yaitu Windows 10 Creators Update, atau versi 1703, file KB4483230 akan mengubah nomor build menjadi 15063.1508 dan kamu bisa download secara manual di sini. Karena Windows 10 1703 tidak didukung untuk Windows 10 Home dan Pro, ini khusus untuk Education dan Enterprise.

Untuk teman-teman yang masih di Windows 10 Anniversary Update (versi 1607) dan Windows Server 2016 akan mendapatkan file KB4483229, yang akan membawa perangkat ke nomor build 14393.2670. Kamu bisa download secara manual di sini.

Dengan download file update kumulatif ini, kamu akan terhindar dari bug dan risiko terkena hacking dari penyerang yang ingin mengambil alih data-data kamu.

Bagaimana pendapat kamu? Apakah ada masalah lain yang kamu temukan setelah menginstal build ini? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar.

 

Sumber: MSPoweruser

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.