Baru baru ini dikabarkan bahwa Microsoft tengah mengembangkan sebuah Tools baru untuk Aplikasi PowerToys yang akan bertugas sebagai App Launcher. Microsoft menjelaskan bahwa tujuannya adalah untuk membuatnya “faster than the start menu“.

Memiliki codenamed Powerlauncher, sebuah PowerToys App Launcher ini hanya akan tersedia di Windows 10 dan akan bekerja mirip mirip seperti Spotlight di MacOS.

Jika di Mac, user menggunakan kombinasi command + space untuk membuka spotlight, maka di Windows 10 pengguna menggunakan kombinasi windows + space untuk membuka PowerLauncher.

Spotlight di Mac OS

Ketika dijalankan PowerLauncher akan memunculkan search box yang simpel di layar Windows 10 kita, dan pengguna bisa juga mengatur settings untuk menampilkan history pencarian, opsi context menu, menjalankan aplikasi as Administratos pada aplikasi tertentu, membuka file locations, dan open in console.

Autocompleting and text suggestions will also be offered for even faster searching”, Jessica Yuwono, program manager di Microsoft Menjelaskan.

Sama seperti modul PowerToys lainnya, PowerLauncher akan datang dengan paket pengaturan sendiri, dan pengguna akan diizinkan untuk mengkonfigurasi hasil pencarian yang disukai, waktu pencarian yang disukai, jumlah hasil yang ditampilkan, Shell default, dan terminal default yang pengguna inginkan.

Selanjutnya nih guys, PowerLauncher akan menyertakan pilihan untuk memilih hotkey yang berbeda untuk menjalankan pencarian. Selain itu dikatakan juga bahwa PowerLauncher ini dapat menimpa tombol Windows + R dan tombol Windows + S  yang saat ini digunakan oleh Windows untuk Run dan fitur pencarian.

Terkait dengan PowerLauncher ini, sampai saat ini pengembangan masih sedang dilakukan, namun bisa saja segera hadir untuk PowerToys App dalam beberapa minggu kedepan. Kamu bisa melihat projectnya di Github berikut.

Nah bagaimana menurutmu nih? kalo saya jelas akan suka dengan fitur ini. Kalo kalian?

Via : Github, News Softpedia

  Galaxy Z Flip vs Galaxy Fold, Mending Mana..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.