Sebelumnya, Winpoin memberitakan bahwa Windows 10 October 2018 Update ternyata memiliki bug pada Storage Sense yang dapat menghapus file kamu. Microsoft ternyata kemudian mengambil langkah yang lebih tegas dengan menarik update tersebut!

Jika kamu memiliki perangkat yang belum update dan berupaya melakukan update di hari ini, maka kamu hanya mendapati proses loading tanpa akhir yang mana perangkat kamu tidak kunjung menemukan update terbaru saat kamu mengklik Check Update di Settings > Update & Security > Windows Update.

Di situs Support Microsoft, terdapat catatan yang mengungkapkan bahwa Microsoft menunda update untuk memeriksa dan memperbaiki permasalahan tersebut dan secara tersirat menyatakan bahwa untuk yang sudah men-download update, semestinya berhati-hati dengan adanya bug ini.

Kami telah menunda Windows 10 October 2018 Update (versi 1809) untuk semua pengguna karena kami sedang meneliti laporan pengguna yang kehilangan file setelah update

Jika kamu sudah terkena dampak bug yang menghapus file kamu, ada saran untuk menghubungi Microsoft guna membantu mengatasi masalah ini. Hal yang menarik adalah, Microsoft nantinya akan memberi petunjuk untuk melakukan data recovery.

Jika Anda sudah memeriksa update dan mengalami masalah hilangnya file setelah update, harap hubungi kami di +1-800-MICROSOFT, atau gunakan nomor telepon lokal yang tersedia di area Anda di tautan berikut: https://support.microsoft.com/en-us/help/4051701/global-customer-service-phone-numbers

Selain itu, Anda dapat menggunakan perangkat yang berbeda guna menghubungi kami di: https://support.microsoft.com/en-us/contactus/ (tautan akan berbeda sesuai dengan wilayah Anda)

Untuk yang terkena dampak, bug ini bisa jadi akan sangat mengesalkan. Namun cara sederhana yang sudah terbukti untuk mengatasi bug ini bagi kamu yang belum terlanjur update adalah: nonaktifkan storage sense (disabled). Selain itu, backup seluruh file penting kamu juga merupakan cara yang manjur untuk menghindarkan diri dari bug ini.

Saya akan mengabarkan perkembangan situasi Windows 10 October 2018 Update selanjutnya. Pantau terus infonya di Winpoin!

 

Sumber: HowtoGeek

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.