Setelah sebelumnya dilaporkan hadir tanpa ada masalah baru selain apa yang sudah ada di Windows 10 2004, kali ini Microsoft menambahkan sekaligus mengakui bahwa adanya sebuah masalah pada certificate di Windows 10 20H2.

Dilansir dari halaman Known Issues Windows 10 20H2, masalah ini dialami para pengguna dimana system & user certificate mungkin akan hilang setelah pengguna melakukan update versi Windows 10 dari 1809 atau yang labih baru (2004) ke Windows 10 20H2, selain itu known issues yang sama juga tercantum di versi Windows 10 1909, 1903, 1909, dan Windows 10 2004.

Namun meskipun begitu, masalah ini hanya berdampak pada perangkat Windows 10 1809 – 2004 dengan cumulative update 16 september atau yang lebih baru yang kemudian memaksa melakukan update ke versi terbaru melalui Media atau Installations source yang tidak memiliki cumulative update 13 Oktober 2020 atau yang lebih baru terintegrasi didalamnya.

“System and user certificates might be lost when updating a device from Windows 10, version 1809 or later to a later version of Windows 10. Devices will only be impacted if they have already installed any Latest cumulative update (LCU) released September 16, 2020 or later and then proceed to update to a later version of Windows 10 from media or an installation source which does not have an LCU released October 13, 2020 or later integrated.” Tulis Microsoft.

Penyebab masalah ini memang cukup unik, namun dalam beberapa kondisi terutama pengguna yang menggunakan certificate untuk VPN seperti OpenVPN dan lainnya, tentu ini menjadi masalah. Namun jika kebetulan kamu terkena masalah seperti yang disebutkan, dan masih memiliki folder Windows Old, kamu bisa mengakses

C:\Windows.old\Users\Username\AppData\Roaming\Microsoft\SystemCertificates\My\

Kemudian kamu bisa melakukan restore certificate darisana. Namun Microsoft juga memberikan langkah perbaikannya sendiri, dimana meskipun saat ini issues atau masalah ini masih berstatus investigating, Microsoft menyarankan pengguna yang terkena masalah untuk melakukan rollback ke versi Windows 10 sebelumnya.

Nah bagaimana menurutmu? silahkan cek apakah certificate yang sudah kamu simpan di Windows 10 menghilang?, jangan lupa komen dibawah guys.

Via : Microsoft, Borncity, Deskmodder

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.