Baru baru ini ada hal menarik yang saya lihat di Microsoft Edge Chromium, baik itu versi Stable, Beta, Dev bahkan Canary, dimana ketika kita mencoba mendownload Google Chrome, baik pada halaman depan Bing, dan pada halaman download Google Chrome, Microsoft tampak mempromosikan Microsoft Edge Chromium namun tampak sangat putus asa.

Nah seperti pada gambar diatas, tampak pada halaman Bing, Microsoft menjelaskan “There’s no need to download a new web browser” dengan merekomendasikan Microsoft Edge Chromium yang diklaim cepat, aman, dan dapat menghemat waktu dan uang.

Nah kita sedikit bahas mengenai penghematan waktu yang dimaksudkan, hal ini karena Microsoft Edge memiliki fitur efficiency mode beruba tab sleep, dan lainnya, sedangkan menghemat uang, itu karena ada fitur kupon yang ada di Microsoft Edge.

Baca Juga : Microsoft Umumkan Integrasi Bing dan Shopify

Nah selanjutnya, pada halaman Download Google Chrome, lebih tepatnya pada url https://www.google.com/chrome, Microsoft kembali mempromosikan Microsoft Edge namun dengan kata kata yang lebih putus asa lagi, “Microsoft Edge run on the same technology as Chrome, with the added trust of Microsoft”.

Tepat seperti pada gambar diatas, lengkap dengan tombol browse securely now yang ketika di klik langsung akan menutup halaman https://www.google.com/chrome dan akan dialihkan pada halaman https://microsoftedgewelcome.microsoft.com/en-us/get-started.

Meskipun berdasarkan laporan terbaru Statcounter Microsoft Edge sudah hampir mencapai angka 11% browser market share, namun bagaimanapun browser ini masih kalah populer dengan Google Chrome, kenapa? karena cukup banyak pengguna yang tidak suka dan cenderung terpaksa menggunakan browser yang hadir secara default di Windows 10 dan Windows 11 ini.

Selain itu cukup banyak pengguna yang beralih ke browser chromium lain karena browser Microsoft Egde makin penuh dengan fitur fitur yang justru terlalu bloated dan tidak berguna.

Dengan promosi yang tampak putus asa tersebut, Microsoft mungkin ingin pengguna tetap menggunakan Microsoft Edge alih alih mendownload dan menggunakan browser saingannya dari Google, namun sekali lagi, keputusan akhir ada ditangan pengguna, mau bagaimanapun Microsoft memelas, jika pengguna sudah tidak suka dan pengguna memiliki pilihannya, maka Microsoft Edge adalah browser yang hanya digunakan untuk mendownload Google Chrome saja.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.