SMB1 yang mana juga dikenal sebagai Server Message Block adalah sebuah standar yang dikembangkan pada akhir tahun 1980an, dimana fungsinya adalah untuk menyediakan akses bersama ke file dan printer didalam jaringan.

SMB1 sendiri sebenarnya sudah usang / obsolete dan Microsoft sudah lama menghentikan dukungannya. Dan dalam upaya terbaru untuk menghapus SMB1, Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi membawa SMB1 secara default di varian Windows apapun, termasuk pada Build Preview Winodws 11 Home di Insider Dev Channel.

Meskipun begitu, SMB1 Client akan tetap tersedia di Windows 11 melalui Optional Windows Features yang dapat kamu aktifkan, dimana jika kamu membutuhkan SMB1 untuk menghubungkan perangkat ke legacy machine, maka kamu dapat menambahkan SMB1 secara manual ke system yang kamu gunakan.

Sedikit informasi tambahan, Microsoft sendiri mulai memberikan status deprecated pada SMB1 pada 2013 lalu karena adanya sejumlah masalah, dan sejak tahun 2017, Microsoft sudah tidak mengirimkan SMB1 secara default pada sebagian besar versi Windows, namun pengguna tetap dapat mengaktifkannya secara manual, bahkan jika aktif secara default, setelah 15 hari, jika tidak ada aktifitas apapun dari SMB1 traffic, maka fitur ini akan dinonaktifkan kembali.

Jika kamu ingin melihat status SMB1, kamu bisa masuk ke Optonal Features dan cek bagian “SMB 1.0/CIFS File Sharing Support.”, apakah fitur tersebut tercentang atau tidak.

Via : Neowin, Microsoft

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.