Hal ini pertama kali diawali dengan terkenanya takedown DMCA pada salah satu Tools yang bernama Ninjutsu OS di halaman GitHubnya, yang mana dengan Tools ini pengguna bisa dengan mudah melakukan banyak Tweaks, menambahkan Mod dan tools extra di Windows 10 pada level yang jauh berbeda dengan tools yang sering kita temui, bahkan Ninjutsu OS dapat dilakukan sebagai penetrate testing. Seperti dilansir dari halaman TorrentFreak, Copyright Notice yang terdeskripsi meliputi : “the customizing, tweaking and disabling of Windows 10 features, even when that improves privacy, amounts to a violation of Microsoft’s software license.

Dengan kata lain, melakukan modifikasi, mempercepat, menonaktifkan fitur Windows 10 yang mengganggu dan bahkan meningkatkan privasi adalah sebuah pelanggaran.

Jika kamu mengunjungi halaman Ninjutsu OS di GitHub, kini halaman tersebut sudah tidak lagi menampilkan isi apapun dengan kata lain sudah dihapus oleh pihak GitHub yang mana kini sudah dimiliki Microsoft.

Hassan sang developer seperti dilansir dari halaman TorrentFreak, dia bersikeras bahwa halaman dan toolsnya tidak mengandung pelanggaran hak Microsoft, yang seperti deskripsi pengaduan tersebut berkata : “work around technical restrictions of the software”. Dan terkait hal tersebut sebagian orang mungkin akan mengira bahwa Ninjutsu OS adalah sebagian dari OS atau Tools bajakan dan ilegal, namun nyatanya pengguna harus memiliki lisensi Windows 10 mereka sendiri untuk dapat menggunakannya.

Laporan dan kabar ini memang sudah sedikit lama beredar, dan dengan dihapusnya salah satu tools modifikasi yang sangat powerfull dan tersedia secara gratis di GitHub ini, sedikit membuktikan bahwa ternyata Microsoft tidak main main dalam melakukan tindakan tegas terhadap developer yang membuat Tool untuk modifikasi Windows 10.

Namun tentu banyak kontroversi mengenai hal ini, dimana Ninjutsu OS tidak menyediakan semacam Crack atau Patch untuk melakukan aktivasi Windows 10, tentu beberapa pengguna diluar sana sangat menyayangkan tindakan Microsoft terutama jika melakukan Mod sendiri merupakan sebuah tindakan yang dilarang.

Kamu bisa melihat laporan tersebut pada halaman GitHub berikut.

Nah bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Referensi : TorrentFreak, News Softpedia, GitHub

  Unboxing REDMI 9 Indonesia yang LAGI HOT..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.