Sebuah kabar buruk hadir untuk kita pengguna Google Photos yang mencintai Unlimited Storage-nya, dimana mulai bulan Juni 2021 mendatang, Google tidak akan lagi menyediakan unlimited storage gratis pada Google Photos.

Dalam email yang baru baru ini dikirimkan pada hampir seluruh pengguna Google Photos, Google menjelaskan setelah 5 tahun mereka memberikan layanan Gratis untuk menyimpan foto dan video tanpa batas, nantinya mereka akan menarik biaya untuk menyimpan foto dan video setelah storage 15 GB Drive telah penuh.

Dengan kata lain, seluruh foto atau video berkualitas tinggi yang diupload nantinya akan mengurangi kapasitas storage Google Drive, dan jika sudah penuh pengguna harus membayar untuk storage extra.

Kebijakan ini akan dimulai pada 1 Juni 2021 mendatang, dan hingga waktu tersebut, pengguna kini masih dapat menggunakan penyimpanan gratis tanpa batas, selain itu seluruh foto atau video yang diupload sebelum tanggal 1 Juni 2021 tidak akan mengurangi penyimpanan Google Drive pengguna.

Menurut Google, perubahan kebijakan ini merupakan upaya “untuk membuat kebijakan kami lebih sejalan dengan standar industri”. Selain itu perwakilan Google juga menambahkan bahwa mereka akan menghapus data apa pun dari akun yang tidak aktif jika pengguna tidak melalkukan login setidaknya selama dua tahun.

Kabar Baiknya

Selain kebijakan ini belum dimulai, dan seluruh file foto atau video yang telah diunggah sebelumnya tidak akan mengurangi kapasitas storage Google Drive, khusus pengguna Google Pixel tentu mereka masih dapat melakukan upload foto dan video “berkualitas tinggi” tanpa batasan apapun bahkan setelah Juni 2021 mendatang.

Hal Yang Sama Berlaku Untuk Doc, Spreadsheet, Slide, Form, Images

Dilansir dari Thurrot, juga mulai dari 1 Juni 2021 mendatang, file Google Drive (Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir, atau Jamboard) baru apa pun juga akan mulai dihitung terhadap penyimpanan yang dialokasikan ke storage gratis sebesar 15 GB dari pengguna (atau penyimpanan tambahan apa pun yang disediakan melalui Google One), kata Google. Seperti halnya Google Foto, file yang diupload sebelumnya tidak akan dihitung ke penyimpanan, kecuali jika dimodifikasi pada atau setelah berlakunya kebijakan baru ini.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? menurut saya sih cukup mengecewakan, karena saya sangat suka dengan layanan penyimpanan gratis tanpa batas ini. Komen pendapatmu dikolom komentar dibawah guys.

Referensi : Google, Thurrot

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.