Beberapa bulan yang lalu, WannaCry merebak dan mengancam berbagai perangkat Windows. Berbagai perusahan dan instansi di seluruh dunia menjadi korban kekejaman ransomware ini. Kali ini, lagi-lagi ada ransomware baru yang terdeteksi menyerang Windows. Namun tidak seperti WannaCry yang meminta uang tebusan, ransomware ini memintamu main game PUBG (Playerunknows’s Battlegrounds). What!?

Your files is encrypred by PUBG Ransomware!
but don't worry! It is not hard to unlock it.
I don't want money!
Just play PUBG 1Hours!

Seperti ransomware pada umumnya, ketika PC-mu terinfeksi ransomware ini, semua file di penyimpananmu akan terenkripsi. Untunglah ransomware ini tak seganas WannaCry, kamu cukup memainkan PUBG selama satu jam saja untuk mendekripsi filemu. Secara teori, kamu memang harus membayar kurang lebih 200 ribu rupiah saja, tapi ternyata ransomware ini juga membawa file dekriptor. Jadi kamu bisa mendekripsi filemu seketika setelah mengaktifkan dekriptor tersebut.

Ransomware ini tergolong dalam malware yang tidak berbahaya dan diduga buatan orang yang ingin iseng ke temannya saja. Tapi tanpa sengaja, ransomware ini malah tersebar ke masyarakat. Meskipun kelihatannya sepele, sebaiknya kamu hindari dan jangan coba-coba bermain dengan ransomware ini karena ada banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Buat kamu yang belum tahu, PUBG merupakan game survival dimana terdapat ratusan pemain yang akan saling bunuh disebuah pulau. Siapa yang bisa bertahan hidup dialah pemenangnya. Game ini tersedia di PC, Android dan iOS.

Nah, buat kamu yang sering bertani, ransomware semacam ini bisa jadi jebakan yang mematikan lho, segera kurangi ketemuan sama mas bagas dan mas giga ya. Toh versi hp juga gratis. Peace!

 

Sumber NakedSecurity

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.