Download Manager, umumnya para pengguna mungkin menggunakan Internet Download Managet atau Free Download Manager, kedua Download Manager tersebut adalah salah satu yang populer dibandingkan dengan yang lainnya.

Nah baru baru ini saya tertarik untuk mencoba sejumlah download manager open source dan salah satunya yang masuk dalam daftar percobaan saya adalah NanaGet.

NanaGet sendiri adalah download manager yang dikembangkan oleh M2Team yang mana merupakan pengembang NanaZip juga, sekedar informasi, dalam versi NanaGet 1.0, transfer engine yang digunakan adalah aria2 dan membawa sejumlah peningkatan mencakup:

  • Add English and Simplified Chinese support.
  • Packaging with MSIX for modern deployment experience.
  • Modernize the UI with XAML Islands with dark and light mode support. (Dynamic dark and light mode switching is supported for Windows 11 and later.)
  • Add full High DPI and partial Accessibility support.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba mendownload NanaGet pada halaman GitHub berikut.

Instalasi

Instalasinya sendiri sangat mudah, selama kamu menggunakan Windows 10 atau Windows 11, kamu cukup double click saja file (.msixbundle) yang kamu dapatkan dari halaman GitHub diatas.

Saya mencoba instalasi NanaGet ini di Windows 10 1809 dan Windows 11, dan semuanya berjalan normal dan lancar.

Tampilan Minimalis

NanaGet ini hadir dengan tampilan yang sangat minimalis, yang kurang lebih dapat kamu lihat pada gambar berikut.

Sekilas tampilan ini mirip dengan EagleGet, namun lebih simpel dan lebih minimalis menurut saya.

Fitur

Nah untuk fitur sendiri, sayangnya jika dibandingkan dengan Internet Download Manager, maka NanaGet ini tidak sebanding karena tidak tersedianya Extensi, dan lainnya, bahkan untuk mendownload video pun masih terbatas.

Namun untuk sekedar mendownload hal hal umum seperti file, film, ISO, dan lainnya, NanaGet ini cukup dapat diandalkan.

Kekurangan yang terdapat di NanaGet sendiri tentunya masih banyak, dan apabila kamu telah menggunakan aplikasi Download Manager Powerfull sekelas Internet Download Manager, aplikasi ini mungkin hanyalah aplikasi receh saja, tetapi, jika kamu ingin mencoba hal baru dan bahkan ikut berkolaborasi dan mengembangkan NanaGet, mencoba NanaGet bisa kamu fikirkan kembali guys.

Selain itu satu hal yang saya suka dari NanaGet adalah aplikasi ini sangat cepat untuk berjalan, baik untuk dibuka, atau dinavigasikan.

Nah apakah ada rekomendasi download manager yang bisa dicoba guys, terlebih di Linux, komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.