Sebuah kemitraan baru tampaknya telah dibentuk oleh Nokia dan Microsoft, dimana beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa kedua perusahaan tersebut tengah membangun sebuah integrasi Cloud RAN (milik nokia) dengan Azure (milik Microsoft).

Kemitraan ini dibentuk untuk memberikan peningkatan fungsionalitas end user dalam skenario bisnis, dan sebagai bagian strategi bisnis Nokia untuk bermitra dengan penyedia cloud untuk memberikan end user bussiness yang ingin memonetisasai penyebaran 4G dan 5G mereka.

Menganai kemitraan ini, Yousef Khalidi, Corporate Vice President, Azure for Operators at Microsoft berkata:

“Microsoft believes in the importance of an open and interoperable ecosystem of solutions on the Azure carrier grade platform. Our collaboration with Nokia across multiple potential use cases, based on specific customer demand, will provide operators with choices on how the best adopt cloud technology in concert with their 5G updates to drive new revenue streams, reduce cost and future proof their network investment.”

Dan berdasarkan perjanjian yang diungkapkan, Nokia akan menggabungkan solusi jaringan selulernya seperti Cloud RAN, Open RAN Radio Access Controller (RIC) dan Multi Access Edge Cloud (MEC) dengan Azure Private Edge Zone yang mana itu akan memungkinkan pemrosesan data mendekati end user sehingga dapat menyelesaikan masalah latensi apapun.

Selain itu, 5G RAN Nokia akan diintegrasikan dengan Core Azure 4G / 5G, dan baik kedua perusahaan akan menyelidiki bagaimana server Nokia AirFrame Open Edge dapat digunakan sebagai bagian dari strategi telco edge.

Pengumuman ini mungkin akan menjadi tanda dan langkah besar pertama dari kolaborasi kedua perusahaan besar ini.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : Neowin, Nokia

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.