Home Accessories Norwegia Bakal ‘Bunuh’ Radio FM

Norwegia Bakal ‘Bunuh’ Radio FM

Aplikasi FM Radio Terbaik untuk Windows 10 MobileSering mendengarkan radio FM? Kalau iya, maka akan sedikit kesulitan kalau kamu pergi ke Norwegia nanti, karena Norwegia bakal menghapus radio FM. Loh, kenapa?

Pemerintah Norwegia mengumumkan negaranya akan menghapus radio pada gelombang FM ini pada akhir 2017 mendatang. Norwegia bakal menjadi negara pertama di dunia yang menghapus radio FM.

Pemerintah setempat akan bermigrasi ke sistem penyiaran baru yang sudah digital yaitu digital audio broadcasting atau DAB. Dari data website yang dimiliki oleh LPP setempat, Radio.no ada 70 persen rumah di Norwegia sudah terhubung ke DAB.

Pemerintah beralasan faktor geografis di Norwegia yang berimbas pada mahalnya biaya operasional yang dikeluarkan.

“Alasan utama Norwegia yang pertama adalah karena alam Norwegia, yang memiliki fjord yang dalam, pegunungan tinggi dan masyarakat yang tersebar,” kata Pemeritah Norwegia dalam pernyataannya.

“Hal ini membuat lebih mahal untuk mengoperasikan jaringan radio FM di Norwegia dibandingkan dengan negara lain”

Diperkirakan dengan menutup radio FM di Norwegia, stasiun radio dapat menghemat 200 juta Kroner atau sekitar Rp 312,7 milyar per tahunnya dan bisa diinvestasikan pada konten-konten di radio.

Menurut pemerintah Norwegia, tidak akan ada PHK sebagai efek dari penghapusan radio FM ini karena para pegawai radio akan dialihkan ke sistem DAB yang baru tersebut.

Namun langkah ini sendiri ditentang oleh beberapa pihak. Salah satunya karena masyarakat yang menggunakan radio untuk mendapatkan informasi bahaya keamanan yang diumumkan, dan ada 2 juta mobil yang tidak bisa mengakses siaran radio digital.

Tabloid Dagbladet di Norwegia juga melakukan survei dan hasilnya ada 2 dari 3 orang Norwegia yang menolak dihapuskannya radio FM ini.

Meski begitu, dalam peraturan ini pemerintah tetap mengizinkan pengoperasian stasiun radio lokal yang sangat kecil untuk menggunakan frekuensi FM.

Inggris sendiri juga tengah mempertimbangkan beralih dari radio FM ke sistem radio digital ini. Ini dilakukan agar transisi dapat berjalan dengan baik.

via CNN

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Televisi dan Gadget. Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi. Email: indrakrisnadi@hotmail.com