Home News Oops…Minat Developer pada Windows Phone Turun? Windows 10 Mobile Kini Jadi Penentu!

Oops…Minat Developer pada Windows Phone Turun? Windows 10 Mobile Kini Jadi Penentu!

IDC dan Appcelerator telah mempublikasikan hasil survei Q3 dari mobile developers, kali ini IDC dan Appcelerator mengumpulkan data dari 5.778 pengembang mobile di Desember 2015.

Minat Developer Windows StoreDari data tersebut terlihat berkurangnya minat pengembang aplikasi di Windows Phone. Hal ini bisa jadi disebabkan karena efek turunnya market share Windows Phone hingga hampir separuhnya dalam setahun terakhir, sehingga minat pengembang aplikasi di Windows Phone ikut turun dari 28% tahun lalu menjadi 23% di tahun ini.

Sedikit melirik minat developer di platform kompetitor, minat mereka untuk mengembangkan aplikasi iPhone dan iPad terlihat naik, sementara minat mengembangkan aplikasi Android turun dari 75% menjadi 70%.

Anehnya minat pengembang aplikasi pada Windows tablet (termasuk Microsoft Surface) masih memiliki trend turun yang sama seperti di Windows Phone, meskipun Microsoft Surface sedang tumbuh pesat di pasaran dan universal Windows App store sedang berjalan dengan gencar. Developer malah terlihat lebih memilih berfokus pada platform Internet of Things seperti home automation device ataupun wearable device.Minat Developer Windows Store

Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Minat developer di Windows Phone bisa jadi naik lagi setelah dirilisnya Windows 10 Mobile nanti. Apalagi dengan terus bertumbuhnya jumlah pengguna Windows 10 dan semakin gencarnya hiruk-pikuk Universal Apps yang bisa berjalan di semua Windows device.

Kita berharap segera setelah Windows 10 Mobile dirilis, dan dengan adanya Project Islandwood, Centennial, dan Westminster yang memudahkan pengembang memporting aplikasi mereka ke Windows, semakin banyak pengembang aplikasi yang akhirnya datang dan membuat universal Windows App, yang selain bisa kita nikmati di Windows 10 PC dan tablet, juga bisa kita nikmati di Windows 10 Mobile.

Source: Appcelerator; via: WMPoweruser

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '