Beberapa hari yang lalu, Netmarketshare merilis laporannya untuk bulan Juni 2018. Angka statistik menunjukkan hal yang unik. Meskipun Windows 10 terus menunjukkan peningkatan adopsi, yaitu hingga 35%, namun ini bukan berarti Windows dalam versi yang lebih lama menurun jumlah pemakainya. Merupakan sebuah paradoks unik bahwa Windows 7 mengalami peningkatan pemakaian hingga mencapai 43% perangkat aktif.

Hal ini diungkap dalam sebuah cuitan dari Tero Alhonen dengan mengutip referensi dari netmarketshare.com.

Dari angkat tersebut, nampak bahwa pengguna Windows 7 menyentuh angka 43% yang merupakan sebuah peningkatan. Padahal, Windows 7 perlahan-lahan sudah mulai ‘dimatikan’ oleh Microsoft. Winpoin beberapa waktu yang lalu mengungkap bagaimana Microsoft menghentikan support Windows 7 untuk CPU lama, menunjukkan bahwa Microsoft memang perlahan-lahan akan mengakhiri support OS paling populer di dunia ini (bahkan hingga saat ini). Rencananya, Microsoft akan menghentikan support keamanan bagi Windows 7 secara resmi pada 2020 mendatang.

Laporan netmarketshare tersebut juga menunjukkan bahwa Juni adalah bulan kesuksesan bagi build Spring Creators Update yang sudah menyentuh 250 juta pengguna. Sebuah prestasi tersendiri untuk OS PC yang notabene kadang masih diragukan oleh banyak orang.

Jika dibandingkan dengan OS lain secara keseluruhan, Windows juga makin menunjukkan dominasi dengan 88.53% penggunaan. Pesaing terdekatnya, MacOS, harus puas dengan angka 8.75%. Ini unik karena penjualan Macbook sebenarnya cukup tinggi (meskipun tidak meledak). Banyak blogger teknologi mengungkap bahwa meskipun menggunakan Macbook, banyak orang menginstal Windows pada perangkat tersebut karena kebutuhan pekerjaan. Inilah yang menjadikan market share Windows sangat sulit digoyahkan!

Bagaimana pendapat kamu sendiri? Apakah kamu juga masih menggunakan Windows 7 untuk penggunaan sehari-hari?

 

Sumber: MSPoweruser

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.