Meskipun entah dirilis kapan, bocoran mengenai perangkat Microsoft yang dapat berfungsi sebagai ponsel, tablet, maupun PC terus menawarkan optimisme baru mengenai perangkat yang belum pernah dilihat sebelumnya. Microsoft memang sudah lama merintis perangkat ini sejak era Microsoft Courier, namun teknologi yang ada saat itu belum dapat mendukung visi Microsoft untuk menciptakan sebuah buku digital yang praktis dan dapat digunakan dengan mudah. Salah satu paten yang bocor ke publik menunjukkan bahwa perangkat ini akan lebih mudah dioperasikan, seperti layaknya sebuah buku.

Paten yang bocor ini berjudul “Navigational Aid for a Hinged Device via Semantic Abstraction”. Microsoft mengajukannya pada Januari 2017. Paten tersebut menunjukkan bahwa dokumen dapat diproses dengan cara yang memudahkan seperti halnya sebuah buku, dan bahwa sensor pada engsel dapat memungkinkan pengguna untuk ‘membalik’ halaman dengan sedikit menutup halaman.

Pada abstrak paten tersebut dijelaskan kurang lebih seperti ini.

Teknik untuk bantuan navigasi bagi perangkat ber-engsel melalui semantic abstraction dijelaskan sebagai berikut. Pada umumnya teknik yang dijelaskan di sini meningkatkan pengalaman pengguna saat pengguna sedang menelusuri konten, seperti misalnya konten yang dibuat pengguna dalam sebuah dokumen elektronik. Dalam penerapannya, konten yang berisi halaman abstraksi, masing-masing mewakili bagian berbeda dari konten yang ditulis pengguna. Saat pengguna menelusuri dokumen elektronik, maka teknik yang dijelaskan di sini dapat membantu pengguna menelusuri konten. Selain itu, engsel di antara layar yang berbeda dapat digunakan sebagai mekanisme input untuk mengendalikan kecepatan navigasi menelusuri halaman abstraksi guna memungkinkan pengguna mencapai bagian spesifik dari konten yang ditulis pengguna tersebut.

Bocoran tentang paten ini memang terus bermunculan, dan nampak semakin sempurna setiap tahun, karena selalu ada perbaikan setiap tahunnya. Karena itu, memang dapat disimpulkan bahwa Microsoft serius untuk menciptakan perangkat ini, hanya saja kita belum tahu kapan perangkat ini akan mencapai tahap sempurnanya. Dengan Samsung yang konon sudah berhasil mencapai tahap resolusi untuk perangkat lipat, nampaknya Microsoft harus berupaya lebih keras lagi jika memang ingin disebut sebagai ‘inovator’ bagi perangkat tersebut.

Penasaran dengan paten lengkapnya? Kamu bisa melihatnya di sini.

 

Sumber: MSPoweruser

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.