Image : News Softpedia

Satu lagi kabar dari pemerintahan dunia, dimana kali ini dikabarkan bahwa Korea Selatan akan mulai migrasinya dari Windows 7 ke Linux.

Salah satunya adalah Korean Postal Service akan memulai migrasinya dari Windows 7 ke TMaxOS, sebuah sistem operasi berbasiakan linux yang ditenagai oleh perusahaan perangkat lunak asal Korea Selatan TMaxSoft.

Berdasarkan laporan yang menunjukan bahwa strateginya adalah menyelesaikan Migrasi ke Linux pada tahun 2026, dimana saat itu Linux harus sudah menjadi sumber daya penuh pada perangkat yang digunakan untuk akses Internet.

Dengan menggunaan Linux TMaxOS yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan perangkat lunak dari korea selatan sendiri tentunya akan memberikan pemerintah memiliki lebih banyak kendali terhadap apa yang ada didalam system operasinya.

Selain dari The Korean Postal Service, departemen pemerintahan lain telah memindahkan sebagian perangkatnya ke Linux dan sedang mengerjakan rencana untuk memperluas adopsi ke lebih banyak perangkat, contohnya adalah The Ministry of National Defense and National Police Agency yang saat ini menjalankan Harmonica OS 3.0 yang mana telah disesuaikan dengan aplikasi korea, sementara the Ministry of Public Administration and Security menggunakan Gooroom Cloud OS yang dikembangkan secara local berbasiskan Debian.

Bukan tanpa alasan pemerintah Korea memindahkan system operasinya dari Windows ke Linux, salah satu alasannya adalah untuk menghemat jutaan dolar hanya dengan menghilangkan biaya lisensi. Sedangkan itu untuk Microsoft disisi lain, kini kehilangan pelanggan kelas atas seperti Korea Selatan, dan itu menjadi hal yang cukup buruk, hal tersebut karena Microsoft terus bersikeras agar perangkat yang menjalankan Windows 7 harus diupgrade ke Windows 10 atau membayar Extended Security Update yang harganya akan semakin mahal setiap tahun.

Via : News Softpedia

  Awas jangan sampe salah pilih..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.