Seperti yang kita tahu, Microsoft menghadirkan fitur baru yang telah lama pengguna tunggu sejak Windows 11 dirilis tahun lalu, yaitu Klik kanan Taskbar di Windows 11 Insider Dev Build 25211, yang mana fitur ini tampilannya kini lebih simpel dengan hanya menampilkan “Open Task Manager” dan “Taskbar Settings” saja, tentu ini sangat berbeda dengan Windows 10 yang memiliki lebih banyak opsi didalamnya.

Nah pada artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi opini singkat saya mengenai fitur ini, kenapa saya suka, dan kenapa saya tidak suka, jadi simak baik baik ya.

Hal yang saya suka

Mari kita mulai saja dari apa yang saya suka dari perubahan ini, dan mungkin ada banyak pengguna yang memiliki pandangan yang sama juga.

Suka-nya tentu dengan perubahan di Windows 11 Insider Dev Build 25211 ini, untuk kita yang sering membuka Task Manager, kita tidak perlu lagi membuka aplikasi tersebut dengan keyboard shortcut CTRL + SHIFT + ESC, dan Task Manager bisa kita buka dengan mudah menggunakan cursor saja.

Namun selain itu, bahkan dengan hadirnya opsi task manager disana, tampilan dari dari klik kanan di Taskbar sendiri sebenarnya sangat simpel dan tidak menghilangkan gaya dari desain Windows 11 itu sendiri, dan itu saja, tidak ada hal lain yang menarik selain itu.

Hal yang saya kurang suka

Nah meskipun itu simpel dan mungkin memudahkan pengguna mengakses Task Manager menggunakan cursor, namun kadang simple itu bukan pilihan yang tepat jika kita sudah terbiasa menggunakan sejumlah komponen penting di klik kanan Taskbar, apalagi jika kita sudah terbiasa dengan Windows 7, 8 dan 10 yang mana fitur didalamnya masih terbilang sama.

Sebut saja hilangnya opsi cascade windwow, opsi toolbar, dan lainnya, dan tentu untuk kita yang sudah terbiasa menggunakan Taskbar lama di Windows 10 dan Windows dibawahnya, rasanya hilangnya opsi klik kanan yang powerfull tersebut malah justru terasa ngangenin.

Apalagi jika kita bahas lebih lanjut mengenai kemampuan never combine yang sangat bermanfaat sekali seandainya kita membuka banyak aplikasi di Taskbar.

Secara keseluruhan, mungkin kesederhanaan dari tampilan Windows 11 memang cukup oke dan membawa perubahan yang signigikan, namun mungkin lebih baik jika fitur lama tidak dihilangkan demi kesederhanaan dan modernisasi Taskbar itu sendiri.

Nah tentu, banyak yang berharap kedepannya Microsoft bisa terus meningkatkan komponen Windows 11 menjadi lebih baik tanpa harus ada yang dikorbankan, namun dengan hadirnya opsi “Open Task Manager” di Taskbar Windows 11 Insider 25211 ini membawa sedikit perubahan yang lebih baik jika dibandingkan Taskbar yang ada saat ini di Windows 11 21H2 dan 22H2, bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Sekian opini saya ini, jangan lupa jika kamu memiliki opini lain, komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.