Pengen Tahu Berapa Banyak Code yang Dimiliki Google? 2 Milyar Baris dengan Total 86 Terabytes!

Ketika kita membuka Google, dengan tampilan yang begitu simple dan kecepatan yang begitu tinggi, mungkin tidak ada yang menyangka bahwa Google begitu kompleks dan dibentuk dari milyaran baris code.

Yup, hingga saat ini Google dibentuk dari sekitar 2 milyar baris code, dengan lebih dari 1 milyar file, hingga file size nya mencapai 86 terabytes!

Itu merupakan code base untuk semua layanan Google seperti Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Search, Google Plus, Google Analytics, dan berbagai layanan lainnya yang dijadikan dalam satu repository.

Dijadikannya semua layanan Google kedalam satu repository dimaksudkan agar mereka lebih cepat dalam mengembangkan suatu fitur atau memulai project baru. Hal ini membuat engineer Google bisa dengan mudah mengembangkan satu project berbasiskan dari library project-project yang lainnya.

Selain jumlah barisnya yang luar biasa besar, code base Google juga diubah hampir 45000 commit sehari oleh sekitar 25000 engineer ahli yang dimilikinya. Setiap engineer bisa mengakses codebase tersebut dan melakukan perubahan untuk selanjutnya bakal di cek oleh manusia maupun robot.

Ngomong-ngomong soal robot, memang Google terkenal haus akan otomasi. Untuk melakukan pengecekan terhadap setiap perubahan yang dilakukan oleh puluhan ribu engineer nya tersebut, Google menggunakan bot bernama Piper.

Piper inilah yang melakukan pengecekan di setiap perubahan, memastikan tidak ada masalah di code yang diubah, menghilangkan bugs, membuang code yang sudah tidak dipakai lagi, hingga memproduksi data dan file konfigurasi agar seluruh perubahan yang dilakukan bisa berjalan lancar.

Sebagai perbandingan, sistem operasi Windows yang merupakan salah satu software paling kompleks yang pernah dibuat bagi komputer hanya menggunakan 50 juta baris code. Bisa dibayangkan kompleksnya code Google yang besarnya mencapai 40x dari code Windows ini.

Dibawah ini kamu bisa melihat video conference yang dibawakan oleh Rachel Potvin, Google Engineering Manager:

via wired

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.