Home Editorial Fitur Apakah yang Ingin Kamu “Curi” dari Smartphone Lain untuk Flagship Lumia...

Fitur Apakah yang Ingin Kamu “Curi” dari Smartphone Lain untuk Flagship Lumia Mendatang?

Fitur yang Kamu Inginkan

Beberapa bulan belakangan ini, dunia smartphone dimeriahkan oleh berbagai perangkat baru yang dirilis oleh OEM ternama. Motorola Moto X Pure, Samsung Galaxy Note 5 dan iPhone 6s adalah beberapa perangkat yang sukses menarik lampu sorot ke arah mereka. Selain itu, dunia masih berharap-harap cemas menantikan acara yang akan digelar Microsoft pada tanggal 6 Oktober mendatang. Berbagai bocoran yang ada menyatakan bahwa Microsoft akan mengumumkan perangkat barunya, termasuk flagship Windows Phone yang lama dinantikan, yaitu Lumia berkode Talkman dan Cityman.

Nah, marilah kita berandai-andai. Dengan melihat berbagai perkembangan perangkat seluler cerdas terbaru saat ini dengan aneka fitur dan fasilitas yang ditawarkannya, fitur apakah dari mereka yang kamu inginkan agar dimiliki oleh flagship dari Windows? Berikut ini daftar subjektif milik saya!

 

Stylus dengan kemampuan seperti S-Pen milik Galaxy Note 5

Fitur yang Kamu Inginkan

Sebelum menjadi pengguna Windows Phone yang antusias, smartphone terakhir saya adalah Galaxy Note. Oleh karena itu, saya familiar dengan penggunaan S-pen dan saat itu tergila-gila dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Saya sering menggunakannya untuk menandatangani kontrak kerja atau membuat sketsa untuk diunggah ke media sosial.

Namun rilisnya Samsung Galaxy Note 5 benar-benar membuat air liur saya menetes bagaikan menghadapi hidangan ikan pepes disajikan oleh Sashihara Rino yang sedang topl….

Penggunaan S-pen di Note 5 benar-benar merupakan sebuah terobosan baru. Andaikan Samsung adalah Apple, mereka pasti dengan bangga akan berkata, “We once again re-invent a stylus on smartphone…” (Sayangnya Samsung bukan Apple, dan Apple benci stylus – meskipun tidak benci pensil).

Berikut ini daftar kemampuan S-pen yang saya inginkan agar bisa diterapkan pada flagship Lumia mendatang, khususnya 950XL yang akan menggunakan stylus.

  1. Menulis di layar yang tidak aktif – Ini sangat praktis, terutama ketika sedang berada di jalan dan perlu untuk mencatat sesuatu dengan cepat!
  2. Melakukan crop pada screenshot, website yang tengah terbuka, lalu melakukan editing cepat memanfaatkan stylus.
  3. Mengintegrasikannya pada MS Office dan Adobe PDF, lalu memanfaatkannya untuk membuat coretan, editing, menandatangani kontrak.

Ini akan sangat bermanfaat untuk para profesional dan pekerja kantoran. Apalagi kebetulan segmen yang disasar oleh flagship Lumia kali ini adalah para profesional. Menurut saya cukup realistis bila Microsoft berkenan mempertimbangkan hal ini.

 

Kemampuan menerima telepon dan sms (bahkan juga WA dan membuka berbagai aplikasi lain) lewat PC/Mac yang integratif seperti milik Galaxy S6, S6 Edge, dan Note5

Fitur yang Kamu Inginkan

Banyak yang tahu bahwa salah satu fitur iPhone yang sangat bermanfaat adalah integrasi dengan Mac, yang memungkinkan kamu untuk menelepon dan menerima SMS melalui Mac sebagai pengganti iPhone, selama keduanya ada dalam lingkup WiFi yang sama atau dihubungkan dengan kabel data. Namun Samsung melangkah lebih jauh! Dengan bantuan sebuah aplikasi yang disebut SideSync, yang mana dapat berjalan bahkan di Windows XP sekali pun, kamu dapat menghubungkan smartphone Samsung yang kompatibel (saat ini hanya Galaxy S6, S6 Edge, Note 5 dan Tab S terbaru) dengan PC atau Mac, untuk mendapatkan integrasi yang luar biasa.

 

Bukan hanya menjawab telepon dan SMS, SideSync bahkan memungkinkan kamu mengoperasikan smartphone melalui PC, dalam artian aplikasi apa pun bisa dibuka di sini. Kamu juga dapat dengan mudah memindahkan media dari PC ke perangkat mobile atau sebaliknya!

Melihat kompatibilitas Lumia dengan perangkat Windows, fitur yang serupa milik Samsung ini – atau mungkin lebih baik, layak dipikirkan oleh Microsoft. Ini akan sangat membantu meningkatkan produktivitas, karena saat bekerja kita tidak perlu beralih antara ponsel dan PC, melainkan cukup memanfaatkan PC untuk menangani semua notifikasi masuk atau melakukan ‘pekerjaan milik smartphone’ di PC!

 

Kamera monster low light milik LG G4

Fitur yang Kamu Inginkan

Meskipun Samsung Galaxy S6 ditempatkan pada posisi teratas untuk kamera terbaik versi situs review kamera terkemuka dxomark, namun julukan low light monster layak disematkan pada LG G4! Dengan modal sensor milik Sony, bukaan lensa f/1.8, dan software pemrosesan yang mumpuni menjadikan flagship LG ini benar-benar menakutkan dalam hasil low light.

Fitur yang Kamu Inginkan

Percayakah kamu, bahwa foto di atas sebenarnya diambil pada waktu sekitar pukul 11 malam? Dengan pengaturan white balance yang tepat, foto malam hari bisa seterang siang! Ini ironis karena beberapa lini Windows Phone seperti Lumia 920 dan Lumia 925 sebelumnya pernah menyandang gelar “monster” dalam low light shot.

Dengan dirilisnya flagship Lumia mendatang, saya sangat berharap agar Microsoft kembali merebut “tahta” tersebut – Kalau perlu dengan keren seperti Daenerys Targaryen yang berniat merampas Iron Throne dengan gerombolan naga dan para pengendara liar Dothraki!

 

Kemampuan tahan air milik Sony Xperia Z4

Fitur yang Kamu Inginkan

Banyak ponsel tahan air. Samsung sendiri memiliki sertifikat IP67 untuk Galaxy S5. Namun lini Xperia Z tak dapat disangkal lagi merupakan pelopor untuk smartphone tahan air.

Dalam beberapa iklannya untuk Sony XPeria Z4, Sony bahkan mengambil langkah ekstrim dengan menunjukkan iklan bagaimana Z4 digunakan untuk mengambil gambar di bawah air.

 

Oke, di beberapa pemberitaan, pihak Sony uniknya memperingatkan dengan keras para pengguna Z4 untuk tidak menggunakan lini terbaru Xperia tersebut secara ekstrim di bawah air. Sony bahkan mengancam menolak garansi untuk kerusakan produk mereka yang kemasukan air. Meskipun demikian, citra XPeria Z sebagai perangkat tahan air sudah terpatri erat di kalangan konsumen.

Inilah mengapa saya menginginkan agar lini Lumia mendatang juga memiliki sertifikat yang menandakan produk ini tahan air dan tahan debu!

 

Kemampuan audio seperti Marshall London – Oke, kalau itu terlalu tinggi, minimal seperti HTC M8 dan M9-lah

Fitur yang Kamu Inginkan

Kalau kamu kenal Marshall, berarti masa SMP dan SMA kamu bahagia… Dan sekarang mungkin kamu terancam budek karena terlalu sering bermain dengan salah satu produk amplifier terbaik di dunia itu! Kabar gembiranya, kalau kamu belum tahu, Marshall baru saja merilis sebuah perangkat smartphone awal bulan ini, berkode Marshall London. Seperti yang bisa diduga, smartphone ini merupakan perangkat yang bersifat audio-sentris dan diperuntukkan khusus untuk para audiophile, penikmat musik sejati (yang bersedia membayar harga mahal).

Fitur yang Kamu Inginkan

Perangkat ber-OS Android ini memiliki speaker depan dengan semburan suara yang luar biasa jernih – mungkin hanya bisa ditandingi oleh sebuah stereo set! Belum lagi earphone berkualitas tinggi miliknya, memungkinkan kamu menikmati musik, bahkan dengan equalizer terpisah untuk telinga kanan dan kiri! Intinya penikmat musik akan sangat dimanjakan oleh perangkat ini!

Perangkat yang juga dapat memutar format FLAC secara default ini juga memiliki build quality yang kokoh dan tampilan keren! Tentu saja dengan logo Marshall yang melegenda pada bodinya.

Meskipun tidak menyandang merek Marshall, saya ingin sekali Lumia flagship yang akan segera rilis ini memiliki kemampuan audio yang tidak memalukan.

Fitur yang Kamu Inginkan

Jika Marshall kelihatan terlalu ‘tinggi’ karena statusnya yang merupakan ‘Raja’ dalam hal perangkat audio dan musik, mungkin setara dengan Boomsound pada perangkat HTC sudah cukup memadai. Saya sangat mengagumi kualitas suara yang dihasilkan oleh Beats audio dan speaker berteknologi Boomsound dari HTC. Semburan suaranya kencang dan jernih, cukup memuaskan walaupun sejujurnya masih belum di level yang sama dengan produk Marshall di atas.

 

Tambahan: Kenapa saya tidak menyertakan keamanan biometrik ala iPhone 5s ke atas dan Notifikasi LED ala Sony Xperia dan LG G2 ke atas?

Saya bukannya lupa ketika tidak menyertakan keamanan biometrik ala iPhone 5S ke atas dan Notifikasi LED seperti milik Sony Xperia dan LG G2 ke atas. Namun untuk kedua hal ini, Microsoft sendiri telah menjanjikan bahwa mereka akan memasangkannya, dan penerapannya akan merupakan kejutan tersendiri bagi para penggemar Microsoft, utamanya Windows Phone!

Dari banyak bocoran yang beredar, Microsoft tidak akan latah menggunakan konfirmasi keamanan sidik jari yang sudah banyak digunakan oleh berbagai produsen smartphone di seluruh dunia, melainkan menggunakan skema keamanan Windows Hello yang dapat mengenali pengguna dari retinanya!

Untuk notifikasi LED, Microsoft akan menerapkan berbagai warna LED untuk memberikan pemberitahuan yang berbeda-beda. Hal ini akan dijadikan kejutan tersendiri untuk flagship Lumia yang sedang kita nantikan ini!

 

Bagaimana pendapat kamu?

Itu semua hanya angan-angan saya yang semoga saja bisa diwujudkan Microsoft dalam rilis smartphone andalannya awal bulan Oktober ini. Bagaimana dengan kamu? Ada bayangan fitur apa dari smartphone yang telah ada saat ini yang ingin kamu “curi” untuk flagship Lumia yang (semoga) akan menjadi milik kamu kemudian? Ungkapkan imajinasi kamu di kolom komentar!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Pengen Continuum

  • Wira

    Pengen banget kameranya selangkah di atas LG G4.
    Kalo soal low light-nya lumia 920/925 kayaknya bukan “ironi” deh bro, tapi emang bener2 “monster” pada masanya… CMIIW

    BTW, speaker-nya lumia 535 bener2 memalukan ya… Cempreng abis :v

  • Exa

    Karena gw hobby motret gw lebih milih cameranya g4 bisa sampe f/1.8 dah dewa bgt tuh ..

    • zainzacky

      Bisa moto penampakan tuh..

    • Leonardo Alexander

      Hobby motret, dslr aja gan hahaha.. Ga bakal kalah ama siapapun~

      • Exa

        Gini gan .. Klo motret sama hp sama dslr itu beda … Kalo hp itu lebih simple langsung upload situs . Kalo dslr ribet . Ane pake lumia jg karena cameranya gan .. Ane punya dslr . Cuma buat yang penting aja . Kalo buat check in . Ato foto2 makanan . Lebih ke hp bisa langsung upload .

        • Leonardo Alexander

          Dslr yg baru ntr bisa connect internet gans, sama bisa lasung trans foto ke hp jadinya jooss (y) , tp ya gtau harganya kwkwkw.. ~_~

          • Exa

            Kyknya gk ada gan . Soalnya kalo dslr mesti ada sentuhan photoshop . Lightroom dll.. Agar perfect . Kalo lngsung upload .photographer jg mikir2 gan .

          • intinya yang agan EXA ini utarakan adalah untuk fotografer yang niat fotografi juga

          • Leonardo Alexander

            Beda selera sih haha, ane lebih demen yg pure soalnya kwkwkw..

      • DSLR itu emang niat buat potret dengan kualitas khas DSLR, gak perlu sindir2 juga kali gan. Fotografi lewat ponsel skrg ini punya tempat tersendiri :)

        • Leonardo Alexander

          Kwkwkw maap ya gan kalo kesindir :3 :(

          • ya elah agan kayak ngerti fotografi aja, tiap org punya kehebatan masing2 juga gan, org yg lebih tau kamera dan dunia edit2 gambar dan gambar dramatis dibanding agan yang bisa komen aja pasti beda. watch your attitude even in a winpoin.com

          • Leonardo Alexander

            Iya nih bang gatau apa” :( cma bsa poto” ngasal T_T

          • ;)

    • Gini aja gan gimana kalau kita perang motret

  • zainzacky

    20 jt cman buat beli hape..
    Buat beli krupuk mntap hhh

    • Bisa beli berapa gerobak tuh? Hahahaha….

      • zainzacky

        Mngkin bsa buat jatah stahun lbih

        • belum 1 bulan, krupuknya udah melempem… :v
          nggak bisa dimakan, eh 20jt kayaknya bisa sampe 3 tahun… :v

          • zainzacky

            Daripada buat bli hape..
            Atw mngkin buat beli emas aj..
            D jual bbrapa tahun kmudian..
            Bli hp baru pke setahun dh anjlok.hhh

  • Daniel sulu

    klo ane pengennya, Lumia itu dah seperti PC kecil, ya officenya sama dengan di PC, support OTG, bisa pake konverter HDMI dari colokannya, Support Java.

  • Renaldy Legian Fernandes

    Mungkin Build Selanjutnya ?

    • Hari Anugrah

      Jadi bener lumia gak bisa dicas dalam keadaan off?
      WP gua gitu -_- abis di tancepin chargernya langsung hidup sendiri…

      Aku menunggu build selanjutna Windows Mobile!

      • BUDI

        iya pak, dari dulu ngga bisa charging dalam keadaan off

        • Hari Anugrah

          Umurku masih 14 tahun >.<

    • Randhika

      Hhmm… Kalau dukungan file Audio FLAC sebenarnya udah lama support sejak Build 10136. Gara2 Windows 10 Mobile, ane jadi kesemsem nyari lagu FLAC di internet :v

      • BUDI

        tapi harus dibarengi dengan kualitas headset yang ajib punya.

        • Randhika

          Ada kok : GRADO Labs SR-225e

  • Reowijaya

    Rumput tetangga memang bisa saja terlihat lebih hijau, tapi jika sintetis mengapa tak bikin rumput kita sama hijaunya??? Saya rasa lebih baik mengembangkan fitur andalan sendiri, drpada nyuri kambing tetangga ( sok iya banget nih :v)

  • Randhika

    Soal Fitur HiFi Audio, kalau seandainya didalam komponen smartphonenya tidak ada Chip terpisah khusus Audio yang dikenal dengan DAC (Digital-Analog Converter), setidaknya dari OS-nya sudah mendukung fitur USB Audio In/Out. Bila OS-nya sudah mendukung USB Audio kan asik banget, tinggal membeli unit USB DAC Eksternal, lalu dicolok ke smartphone pakai kabel USB OTG. Dan Windows 10 Mobile dijanjikan akan mendukung USB Audio, jadi bisa menyulap Smartphone Lumia menjadi seperti DAP.

    Tapi USB DAC Eksternal yang kualitas suaranya mantap aja harganya diatas 1 Juta lho, contohnya merek iBasso Zero Audio MK2 yang harganya 1.6 Juta (harga di Headfonia Store & Bass Audio), pakai Chip DAC Ganda buatan Wolfson Microelectronics seri WM8740, satu buat channel kiri (L) satu lagi buat channel kanan (R), Bentuknya seukuran Lumia 520. Ini pun ane masih susah payah nabung buat beli ni barang, karena bisa dipakai di PC maupun Tablet/Smartphone. Tapi kalo di Tablet/Smartphone, pastikan yang sudah support USB Audio, karena di Android hanya tertentu saja yang support USB audio, yang support USB Audio itu contohnya Sony Xperia.

    • ArFunk

      ” Bila OS-nya sudah mendukung USB Audio kan asik banget, tinggal membeli
      unit USB DAC Eksternal, lalu dicolok ke smartphone pakai kabel USB OTG.”. setuju, aku juga pengennya lumia / windows mobile nanti bisa pake DAC jga

  • Reowijaya

    Wakakaka ati ati mas kiki nyindir2, ntar di kick dari “fandom” nya nanti :D

  • 정승최

    HARGA DARI XIAOMI (y) (y)

    • 정승최

      OS selalu bisa di update seperti PC,
      surface design/build quality
      udah, simple :D

    • nah, lebih dari XIAOMI kalo bisa… :v

  • kalau semua fitur fitur unggulan diatas masuk ke flagship cityman dan talkman, pasti setelah diluncurkan , brand value lumia langsung naik tinggi :D

  • Muhamad Al-Isrö

    Pas udah menikmati semuanya dalam 1 ponsel. Eh ternyata bangun dari tidur. Haha

  • YanDhika

    S-PEN? nggak ah…
    dimasukin kebalik aja udah bikin HP hang :v

    MAKAZIDA

    • Gimana sih agan nih.. Diakan seri hp low end. Kalau kaya si note 5 kan udah high end.

  • Leonardo Alexander

    Gapernah bayangin kalo sampe smua fitur kelas atas smartphone jadi 1 di lumia seri terbaru,, harga yang ditawarkan pasti sesuai dengan kualitas,, iya dong gan, selama ini ada pepatah yg berkata harga mempengaruhi kualitas,, bagi saya biarin aja mereka berkompetisi dengan caranya asal harga terjangkau.. Sensor retina aja udah ckup keren bgt bagi saya hahahaha.. Yg diharapkan sih kalo dri saya, segi kamera suara dan air airnya aja hehehe.. Kalo stylus ngga ah bkin mahal doang itumah .__. Hehe.. Oiya gan, ini pada kasih masukan” besar begini, emg pasti pda beli flagshipnya lumia? Hahaha ~_~!

    • Lumia 950xl udah dikonfirmasi pakai stylus kok. ( 0 0)/

      • Leonardo Alexander

        Oh gitu (‘o’) ,, ga enak” amat stylus kwkwkwk.. Yg penting ada sensor retinanya bkin mantep haha,, jd hpnya aman ⌒.⌒

      • Asieek jadi kalau pengen ngerjain tugas nih engga usah ribet ribet bawa laptop. Kalau ada stylusnya

  • Leonardo Alexander

    Troll bgt dah gan itu pensil nyahahahhaa.. Geli trus ingetnya

  • Kalian mengejek barang2 yang susah-susah dibuat ini hanya karena sebagian mereka menggunakan Android? :) hipocritisss~

    • Christian Tian

      itulah bedanya fanboy(baca :alay) sama Geek tech
      Steve wozniak salah satu pendiri Apple aja pake Android, dia bilang jangan terlalu fanatik sama salah satu produk.

      • keyword: FAN
        iya, bayangin kudu beli mesin robot buat auto-crafting, kumpulin keringat buat galang ide dari beberapa orang pinter, inilah itulah, keluarin banyak uang utk modal lagi…dan itu juga baru jadi hape murah, bukan flagship…
        lah liat si Ahmed aja bikin jam dgn modal papan sirkuit aja kena tangkap sama polisi, orang2 malah ngejek barang2 yang kayak ponsel yang bikin aja gak bisa

    • Randhika

      Kalau ane baca komentarnya satu2 disini nggak ada yang mengejek tuh…. “Mulutmu Harimaumu”. Just warning bro… :D

      • Gak di sini juga gan, karena ini dunia maya dan kita sama2 orang Indonesia juga, lebih mudah ngomongnya.

        Mungkin di thread ini gak ada yg ngejek, di thread lain, dgn pengguna yg sama, duh ngejeknya bablas

  • bentar deh, Moto products itu suck banget, please jangan beli, kalau barang bagus bagi motorola itu “pepatah” atau nyaris “mitos” x’D

    • Aku belum pakai sih. Tapi konon antena penerimanya salah satu yang terbaik di dunia. Benarkah?

  • Whyu Wa

    cuma pngen smooth & gk force closed trs hehe

  • Sayang… kocek tabungan saya kenang kenangan dari kaampung. Tapi buat apalah yg penting 950xl nya kebeli. tapi itu flagshipnya cepet panas kaya l930 kagak…

  • ArFunk

    dulu pas pake iphone/ipod touch, lebih sering pake aplikasi amplitube, aplikasi buat maen gitar & efek nya ada di iphone itu. tinggal colok gitar ke iRig & sambungin ke iphone, selesai dah. berharap sih lumia juga ada aplikasi & aksesoris macam iRig itu sih, wlopun bakal jarang yang make tapi buat beberapa kalangan hal macam gitu berguna banget

  • Randhika

    Kalau sebagian Samsung Galaxy misalnya kaya Note 4, atau seperti iPhone 4S dia ada chip Audionya sendiri, pakai buatan Wolfson. Kalau Sony Xperia series dia tidak memakai ada chip Audio terpisah seperti dua vendor tersebut, melainkan dia pakai Qualcomm, letaknya ada didalam modul SOC-nya, menyatu dengan prosesor. Tetapi bagusnya si Sony, dia bisa mengatur “Tuning” kualitas Audionya, jadi bisa lebih bagus suaranya. Kecuali untuk lini produk Walkman, dia pake DAC sendiri. Namun, sebagus-bagusnya kualitas Audio Smartphone, tetap saja masih jauh lebih bagus kualitas Audionya DAP, karena DAP banyak komponen2 pendukung yang bisa bikin suaranya lebih “khas”, lain daripada yang lain.

  • BUDI

    cuma mau Cortana dibuat sebagai learning machine yang belajar tentang penggunanya, bisa kita gunakan untuk membaca pesan masuk/chat ketika sedang menggunakan handsfree.

    Intinya pengen Cortana cerdas dan bisa digunakan untuk aktivitas komunitasi tanpa sering-sering liat ponsel, karena ane sendiri ngga terlalu suka dengan notifikasi ketika sedang di jalanan.

  • Arief

    Kekuatan dan ketahanan dari nokia 3330

  • Rasshid

    Ntar gampang di hack gan. Lagipula, sistem mobile itu beda banget sama pc.

  • Rasshid

    Moga aja support custom theme dan support icon pack ntar kek xiaomi wakakak

  • smartphone ini memang ditujukan untuk kalangan enterprise, jadi tidak masalah harga tinggi, jika menawarkan fitur-fitur yang lengkap seperti diatas :D

  • Koesno Wibi

    keren juga. semua merek ternama ke unggulanya di jadiin 1. Aww.
    BTW kalo curi dari smartphone laen ane curi chat SMS dari cwe aja dah :v

  • Ardan Legenda

    Cukup build quality sama variasi design seperti pas masih dipegang nokia dulu aja deh :)

    *Atau tambah taptic engine juga boleh :p terus banyakin swipe kanan kiri atas bawah kayak sailfish biar engga bosen sama ui smartphone yang kebanyakan gitu-gitu aja hehehe

  • Kalo gue maunya simple aja, cuma pngn lumia bisa buka file web offline yg disave dr pc. Soalnya android aja bisa, masa lumia gak bisa. Ribet bgt soalnya pgn ngetes lgsg codingan web di hp mesti nyari hh android dulu. Tp gue pgn fitur ini ada di semua lumia, ga cm flagshipnya hahaha soalnya gua gabakal beli flagship lumia :v
    Tp kalo ngmngin mslh fitur flagship lumpia, gue justru khawatir sm kameranya, semoga aja microsoft ga cm fokus di layanan produktivitasnya tp jg sektor fotografi yg dr dulu jd ciri khas lumia. Minimal jgn sampe kalah dr G4 di lowlight nya. Utk fitur lain gua rasa ga terlalu penting buat gue (SUBJEKTIF YA). Make stylus ga biasa (wlwpun dikonfirmasi pasti ada), audio? Ga terlalu suka dgr musik, tahan air? Ga juga, mending beli perangkat tambahan buat foto/rekam video bawah air.

  • Iman787

    Salah fokus di video pertama….hehehe…
    kalo saya sih fitur anti air aja sama kamera yg keren… dan penambahan fitur simple kaya screen jadi flash pada saat selfie. atau flagship lumia bakal ada flash depan nya?

  • 20 jt mending tambah dikit, dapet Alienware, atau cash motor, ato beli Lumia 1020, kan lumayan… :v