Home PC Pengguna Cross Platform? Begini Caranya Berbagi Data dengan Mudah

Pengguna Cross Platform? Begini Caranya Berbagi Data dengan Mudah

Saya tertarik membahas tentang berbagi data lintas platform saat seorang teman saya menanyakan bagaimana saling oper foto antar perangkat dengan mudah (dia memiliki iPhone dan Android – plus agak gaptek). Seperti yang sama kita ketahui, sudah biasa bagi seseorang di era seperti ini membawa beberapa perangkat dari platform berbeda – Apalagi pengguna Windows Phone yang memerlukan dukungan aplikasi yang disediakan platform lain. Oleh karena itu, saya tertarik membuat tips sederhana tentang bagaimana berbagi data lintas platform untuk teman-teman yang kebetulan menggunakan beberapa perangkat mobile sekaligus.

 

Gunakan Perangkat Perantara

Ini cara paling mudah, sekaligus tidak praktis. Saat pertama kali ponsel pintar diciptakan, perusahaan besar seperti Apple dan Microsoft masih mengupayakan agar PC/laptop menjadi semacam ‘terminal’ yang dibutuhkan untuk mengoper data. Bahkan mungkin hingga sekarang, kamu yang menggunakan perangkat iOS mungkin masih merasakan kesulitan jika ingin mengoper data tanpa menggunakan iTunes di PC atau Mac.

Jadi menggunakan perangkat perantara berupa PC/laptop merupakan solusi yang mudah, tapi tentu saja tidak praktis karena kamu harus membawa-bawa perangkat besar tersebut ke mana-mana. Tapi jangan kuatir, untuk kamu yang tidak suka membawa perangkat besar yang melelahkan, masih ada solusi lain.

 

Gunakan Penyimpanan Cloud yang Diakses Bersama

Berbagi data lintas perangkat kini tak sulit lagi berkat penyimpanan Cloud. Tren ini berkembang pesat sejak 2010. Steve Jobs sendiri mengungkapkan bahwa Cloud merupakan masa depan komputasi. Sebagai konsumen, kamu kini dapat memanfaatkan penyimpanan Cloud populer seperti Dropbox, OneDrive, dan Google Drive. Dengan menginstal aplikasi Cloud yang sama lintas perangkat, kamu dapat langsung mengakses data-data kamu, apa pun perangkat yang kamu gunakan. Ini sangat memudahkan bagi kamu untuk berbagi lintas perangkat.

Jika kamu ingin membagikan data lintas perangkat, tapi milik individu yang berbeda (misalnya membagikan data dengan saudara atau istri), maka kamu bisa membuat sebuah folder yang  dapat diakses bersama. Ketiga aplikasi yang saya sebutkan di atas sangat mendukung fitur ini.

 

Gunakan Aplikasi Berbagi Data Cross Platform

Di antara banyak aplikasi berbagi data, Share.It merupakan salah satu aplikasi yang paling populer. Share.It dapat digunakan untuk berbagi lintas perangkat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membagikan data dengan syarat: berada dalam cakupan WiFi yang sama.

Kamu bisa download Share.It sesuai perangkat kamu di:

Begini cara berbagi data menggunakan Share.It.

1 | Buka Share.it di dua perangkat kamu. Nantinya kamu harus mengetuk “Kirim” di perangkat yang ingin mengirim data. Sedangkan di perangkat yang menerima data, kamu harus tap “Terima” atau “Receive”. Perhatikan bahwa perangkat tersebut harus berada dalam cakupan WiFi yang sama.

2 | Kamu akan menemukan perangkat penerima data di animasi yang ditampilkan oleh Share.It. Tap pada perangkat tersebut untuk mengirimkan data.

3 | Data kamu akan terkirim, dan kamu akan dapat menemukannya di perangkat penyimpananmu.

 

Nah, demikianlah alternatif cara untuk membagikan data kamu dengan mudah lintas perangkat lintas platform. Kamu punya ide lain untuk membagikan data lintas platform? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta