Sebagai pengingat untuk kamu yang mungkin masih memiliki lisensi Windows 7, baik itu versi Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, atau Ultimate, kamu masih bisa mendapatkan lisensi Windows 10 secara gratis dengan tanpa biaya, dan legal sepenuhnya.

Mengenai kabar ini sebenarnya sudah lama diumumkan, dimana para pengguna Windows 7, 8 atau 8.1 masih dapat melakukan upgrade secara gratis dengan metode in place upgrade dengan menggunakan media creation tool. Untuk langkanya sendiri kamu dapat mengikuti tutorial pada halaman berikut, dan langkah langkah-nya sendiri cukup mudah, dimana yang kamu butuhkan hanya PC / Laptop dengan Windows 7, 8 atau 8.1 yang terlisensi dan teraktivasi secara legal, dan koneksi internet saja.

Versi Lisensi

Jika kamu memiliki lisensi Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, kamu bisa mendapatkan lisensi Windows 10 Home secara cuma cuma, sedangkan untuk kamu yang memiliki lisensi Windows 7 Professional dan Ultimate, kamu bisa mendapatkan lisensi Windows 10 Pro.

Windows 7 StarterWindows 10 Home
Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Premium
Windows 7 ProfessionalWindows 10 Pro
Windows 7 Ultimate

Haruskah kamu upgrade?

Sebuah pertanyaan yang sering saya dapatkan via DM di Twitter, apakah harus upgrade dari Windows 7 ke Windows 10?, jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan dan kompatibilitas perangkat pengguna.

Jika perangkat yang digunakan sudah mendapatkan upgrade RAM, SSD dan Processor yang cukup mumpuni dan sesuai dengan minimal requirement Windows 10, maka melakukan upgrade bukanlah menjadi masalah.

Selain itu perhatikan juga fungsi dan untuk apa perangkat tersebut digunakan, jika hanya menjadi PC untuk keperluan Offline seperti kasir misalnya, saya rasa tidak terlalu masalah untuk tidak melakukan upgrade selama perangkat tersebut hanya digunakan untuk keperluan offline saja, namun jika perangkat tersebut digunakan untuk keperluan Online seperti misalkan bersosial media, pekerjaan dan sesuatu yang berhubungan dengan keuangan misalkan internet banking, maka melakukan update sangat saya rekomendasikan. Hal tersebut karena Windows 7 sudah tidak mendapatkan lagi security update dari Microsoft, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan vurnerability di OS tersebut cukup tinggi dibandingkan Windows 10 yang masih terus mendapatkan update setiap bulannya.

Sampai kapan batas Upgrade Gratis ini?

Umumnya batas penawaran ini harusnya sudah berakhir sejak Januari 2018 lalu, namun nyatanya beberapa pengguna mengakui bahwa mereka masih dapat melakukan upgrade secara gratis menggunakan langkah in place upgrade dengan menggunakan media creation tools, hingga saat ini kabarnya langkah tersebut masih berlaku dan tidak ada langkah pencegahan dari Microsoft mengenai upgrade gratis ini.

“That whole “free” upgrade for a year was fully marketing fluff. After the cut off happened, the direction given was that it requires a paid license HOWEVER, this was brought up by the brick and mortar stores that they were doing simple clock changes on customer devices during the upgrade challenge to get around it and then ultimately it was clear two years later that anything Windows 7 and up would go to 10 fully activated and still to this day,” Ucap karyawan Microsoft dilansir dari News Softpedia.

Nah dengan ini, untuk kamu yang mungkin masih memiliki lisensi Windows 7, kamu masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan lisensi Windows 10 secara gratis dengan tanpa dipungut biaya apapun.

Jadi, apakah kamu masih punya lisensi Windows 7? apakah kamu berniat untuk upgrade? komen dibawah guys.

Follow twitter saya di @gylang_satria

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.