Seperti yang kita semua ketahui, pada tahun 2015 lalu Microsoft menyatakan bahwa perangkat dengan lisensi Windows 7 atau Windows 8.1 original dapat ditingkatkan ke Windows 10 secara gratis selama kurun waktu satu tahun lamanya.

Terkait hal tersebut, Microsoft secara resmi mengakhiri penawaran upgrade gratis Windows 10 pada Desember 2017, namun beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka masih dapat menginstal dan mengaktifkan Windows 10 pada PC yang menjalankan lisensi original Windows 7 atau Windows 8.1.

Celah ini memungkinkan pengguna mengklaim hak digital gratis Windows 10 dan hanya berfungsi pada PC yang sudah diaktifkan dengan Windows 7, 8 atau 8.1. Untuk mengambil salinan gratis Windows 10, Caranya kamu harus mendownload dan melakukan upgrade via Media Creation Tool, dan memasukan product key jika diminta pada saat proses upgrade. Setelah upgrade selesai, kamu akan memiliki lisensi digital untuk Windows 10, dan dapat langsung memverifikasinya ketika kamu terhubung ke internet.

Di Forum Reddit, seorang engineer Microsoft mengkonfirmasi bahwa upgrade gratis Windows 10 masih dimungkinkan, tetapi pengguna harus berhati hati.

“You still can do this no problem, however careful, do an upgrade keeping everything as if you choose to yeet everything and start fresh, you lose your free upgrade. That old 7 license converts to a 10 digital license and from there you can clean install no problem,” kata engineer Microsoft.

“That whole “free” upgrade for a year was fully marketing fluff. After the cut off happened, the direction given was that it requires a paid license HOWEVER, this was brought up by the brick and mortar stores that they were doing simple clock changes on customer devices during the upgrade challenge to get around it and then ultimately it was clear two years later that anything Windows 7 and up would go to 10 fully activated and still to this day”.

Tampaknya Microsoft tidak terlalu peduli dengan celah itu dan mereka mungkin tidak akan memblokir kemampuan upgrade gratis ini dalam dua bulan mendatang sampai dukungan untuk Windows 7 berakhir.

Nah mungkin kamu yang masih pake Windows 7 atau 8, 8.1 Original, kamu bisa menggunakan cara ini. namun perlu diperhatikan bahwa lisensi yang didapatkan ini tidak sama dengan lisensi legal yang kamu dapatkan ketika membeli lisensi Windows 10, dan kamu bisa saja melanggar licensing agreements karena mengunakan Windows 7 product key untuk Windows 10.

Via : Windows Latest

  HP Gaming Terbaik 2019..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.