Home News Perkenalkan “M”, Smart Assistant Buatan Facebook untuk Menyaingi Cortana & Siri (Tapi...

Perkenalkan “M”, Smart Assistant Buatan Facebook untuk Menyaingi Cortana & Siri (Tapi Jauh Lebih Keren)

Perkenalkan “M”, Smart Assistant Buatan Facebook untuk Menyaingi Cortana & Siri (Tapi Jauh Lebih Keren)

Tahu kenapa Friendster dengan mudahnya tumbang oleh Facebook, sedangkan Google Plus tidak kunjung bisa menumbangkan Facebook? Yup benar, karena Facebook terus berevolusi dan berkembang hari demi hari.

Kini di era semakin maraknya Smart Assistant (Google Now, Cortana, dan Siri), Facebook tidak mau kalah. Facebook baru saja mengumumkan tengah melakukan pengujian terhadap “M”, smart assistant cerdas buatan mereka.

Namun berbeda dengan Google Now, Siri, atau Cortana, “M” bekerja tidak dengan diperintah suara (ya, mungkin nanti bisa diperintah suara, who knows?), tetapi untuk saat ini dia bekerja melalui tanya jawab di Facebook Messenger.

“M” juga dibuat bukan hanya untuk hiburan seperti menyanyi, membacakan jokes, atau semacamnya, tetapi dibuat untuk memberikan informasi dan saran kepada penggunanya — fokus kepada manfaat saja.

Misalkan saja ketika teman kamu baru memiliki momongan dan kamu bingung ingin membelikan apa, maka kamu bisa bertanya kepada “M” hadiah yang bagus kira-kira apa. “M” bahkan bakal langsung menyarankan hadiah yang tepat, sehingga kamu bisa membelinya dengan sekali klik.

Hal yang sama ketika kamu sedang akan keluar kota dan ingin mencari tempat makan yang enak di kota tersebut, maka “M” bakal memberikan saran tempat makan yang sedang diminati banyak orang di kota tersebut dan maknyuuss untuk kamu kunjungi.

“M” juga bisa kamu minta untuk memesankan tiket pesawat, booking restoran, mengatur perjalanan, dan berbagai hal produktif lainnya.

Perkenalkan “M”, Smart Assistant Buatan Facebook untuk Menyaingi Cortana & Siri (Tapi Jauh Lebih Keren)

Untuk memastikan informasi dan saran yang diberikan akurat, “M” tidak hanya mengandalkan Artificial Intelegence (kecerdasan buatan) saja, tetapi Facebook benar-benar memperkerjakan “orang sungguhan” untuk melatih dan mencerdaskan “M” dari waktu ke waktu.

Arah perkembangan (dan bisnis) Facebook ini sudah terlihat cukup jelas, dimana nantinya Facebook bakal bekerja sama dengan banyak pihak seperti hotel, restoran, reservasi tiket, toko online, dan berbagai merchant lainnya untuk diintegrasikan melalui “M”. Sehingga smart assistant ini nantinya mampu memenuhi berbagai kebutuhan informasi dan saran pengguna, sekaligus menghasilkan uang bagi Facebook dan merchant.

Jadi..apakah Cortana, Siri, dan Google Now siap kedatangan “M” si teman barunya? Semoga saja mereka saling akrab dan rukun satu sama lain ya.. :D

NB: Penggemar Cortana tidak perlu khawatir, dalam persaingan teknologi biasanya tidak terlalu butuh waktu lama untuk mengadopsi fitur dari kompetitor. Sama seperti “M” yang muncul setelah ramainya Google Now, Siri, dan Cortana, fitur yang dimiliki “M” bisa jadi juga bakal diadopsi oleh smart assistant lainnya, termasuk juga Cortana. See..persaingan antar smart assistant bakal semakin memanas! Semakin banyak kompetitor berarti semakin panas tingkat persaingan, dan semakin panas tingkat persaingan berarti semakin banyak fitur & inovasi yang bakal kita nikmati sebagai pengguna, yay! ;)

via facebook

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Joshua

    pertamax, makin seru n sengit nih mas

    • yup betul banget, persaingan ketat adalah impian kita sebagai konsumer
      karena dari persaingan itu akhirnya muncul perang fitur, perang inovasi, perang kualitas, bahkan juga perang harga..hihihihihi

  • BUDI

    Ya menanti tiap smart assistent itu (terutama Cortana) bisa nerima input dari user seperti bagaimana cara baca suatu kata dari bahasa lain dan sebagainya terus masuk ke databasenya dan bisa digunakan orang lain juga.

    Selalu kepikiran begitu karena kalo ngandelin update dari developer aja bakal lama terwujudnya.

    • Iya betul..jd semacam Machine Learning gt ya..kl cuman ngandelin developer utk update AI nya emang agak lama..hehe

  • Evlan Mars

    Cortana harus lebih jos lagi!

  • Wisnu Nugroho Dewantoro

    lama2 bakal tercipta robot dan AI cerdas yang bisa berpikir kayak manusia.

    ane takut kejadian di film terminator bakal terjadi…

  • tinggal smart assistant mana yang berinovasi, maka smart assistant itulah yang bertahan :D

  • Bhaka II

    “M” lo mau gak jadi pacar gue ??? :v

  • Itu daun sirih om :))

  • Whyu Wa

    “M” itu kan atasanya james bond yg biasa ngasi tugas2 rahasia

  • I’m not hater~

  • Rabbil AR

    dan suatu saat para smart assistant bakal di beri ak-47 :p

  • Labib Muhammad

    Dan, solusinya berupa Ads. Facebook memang yang paling kreatif dalam menawarkan iklannya. Salut!

  • Farhan M Sabran

    Bagaimana cara saya mengobrol dengan M?

  • waahhh cakep tuh FB