Home News Perlahan Tetapi Pasti: Web Bakal Menjadi Virtual Reality

Perlahan Tetapi Pasti: Web Bakal Menjadi Virtual Reality

Perlahan Tetapi Pasti: Web Bakal Menjadi Virtual Reality

WebVR, itulah fitur yang kini terus dikembangkan di Firefox, Chrome, Opera, dan Microsoft Edge.

Bagi kamu yang belum tahu, WebVR merupakan eksperimental Javascript API yang memungkinkan device Virtual Reality seperti Oculus Rift, Google Cardboard, dan VR headset lain mengakses konten VR melalui browser. Artinya begitu fitur ini matang, berbagai web berbasis virtual reality bakal bermunculan dan siap dinikmati melalui headset VR.

 

Berbagai Kemungkinan

Begitu fitur ini siap digunakan, berbagai perusahaan raksasa yang saat ini menggunakan web sebagai basis layanannya mungkin bakal bereksperimen merilis versi virtual reality dari web mereka.

Katakanlah Amazon, kedepannya mungkin saja merilis online store versi VR untuk membuat experience belanja pengunjung jadi lebih nyata.

Atau YouTube, yang meskipun saat ini sudah ada beberapa video yang bisa dinikmati melalui VR headset, kedepannya mungkin bakal lebih banyak lagi fitur VR yang ditanamkan untuk meningkatkan experience hiburan penggunanya

Dan mungkin masih banyak lagi yang jika berhasil menjadi trend, tentunya akan diadopsi oleh web lainnya secara perlahan.

 

Sudah Bisa Kamu Coba

Bagi kamu yang sudah memiliki headset VR Oculus Rift, kamu sudah bisa mencoba versi eksperimental WebVR disini:

 

Mulai Dikembangkan di Browser Edge Windows 10

Mulai 9 September kemarin Microsoft juga sudah mengkonfirmasi secara resmi bahwa mereka sedang mengembangkan WebVR ini di browser Edge Windows 10. Status progress pengembangan ini bisa kamu lihat disini:

Status Pengembangan WebVR di Edge

Belum ada info lebih lanjut apakah Microsoft mengembangkan fitur WebVR ini di Windows 10 PC saja atau termasuk juga di Windows 10 Mobile. Tetapi melihat pentingnya peran mobile untuk bisa menikmati konten virtual reality di headset VR, sepertinya baik Windows 10 PC ataupun mobile bakal support fitur ini.

WinPoin akan terus memonitor perkembangan WebVR di Edge dan mengabarkannya disini jika mendapati adanya progress yang menarik untuk dicoba.

Dan ngomong-ngomong, dari berbagai browser populer saat ini, hanya tinggal IE dan Safari saja yang belum terlihat ada pengembangan fitur untuk WebVR ini.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.