Home News Polling Mengungkap Microsoft Perusahaan Tepercaya dalam Penanganan Data Pribadi

Polling Mengungkap Microsoft Perusahaan Tepercaya dalam Penanganan Data Pribadi

via Apple Insider

Karena kasus penyalahgunaan yang berujung kebocoran data oleh sebuah perusahaan Silicon Valley, oke deh – Facebook, muncul sebuah polling yang ingin mengetahui bagaimana tingkat kepercayaan publik terhadap penanganan data pribadi oleh perusahaan teknologi. Dalam polling ini, Microsoft berada di antara perusahaan yang paling dipercaya oleh pengguna dalam penanganan data pribadi!

Sebuah survei yang dirilis oleh Recode Selasa kemarin menanyakan kepada warga Amerika tentang perusahaan teknologi mana yang paling tidak mereka percaya untuk mengelola informasi pribadi mereka. Dan… Tidak sulit diduga… 56% menjawab: Facebook. Google berada di posisi kedua, namun jauh dengan mengumpulkan angka 5%. Apple bersama dengan Snapchat dan Amazon mendapatkan poin 2%. Cukup lumayan. Akan tetapi Microsoft berada di deretan perusahaan terbaik bersama dengan Lyft dan Tesla dengan hanya 1%. Netflix mungkin merupakan perusahaan teknologi paling dipercaya warga karena tidak ada satu pun yang memilihnya sebagai ‘perusahaan yang tidak tepercaya’.

via Apple Insider

Survei tersebut (tidak mengejutkan juga) menunjukkan bahwa Facebook berada dalam bahaya, sebagai akibat dari salah langkah CEO Mark Zuckerberg dan para pengambil keputusan lainnya terkait dengan keamanan data dan transparansi. Ini juga berarti bahwa banyak orang mempercayai Microsoft untuk mengelola data pribadinya. Memang dalam hal keamanan, Redmond akhir-akhir ini berhasil mengambil hati para pelanggannya dengan terus menerus memperhatikan keamanan dan privasi pengguna, meskipun sempat juga ditegur karena telemetry Windows 10 yang dikhawatirkan pengguna mengambil data pribadi mereka. Microsoft memberikan penjelasan bahwa telemetry hanya mengambil data penggunaan Windows 10 dan digunakan untuk perbaikan di masa mendatang. Keseriusan penanganan ini dibuktikan Microsoft dengan menghapuskan skema pengambilan data Microsoft tersebut agar pengguna tenang.

Ada kemungkinan juga bahwa peringkat Facebook begitu tinggi di sini karena mereka tengah menghadapi kasus yang berat, yaitu bocornya data pelanggan Facebook oleh Cambridge Analytica. Ini menjadikan Zuckerberg sampai harus menghadapi sidang di hadapan senat. Hingga saat artikel ini ditulis, sidang tersebut masih berlangsung dan belum mendapatkan putusan yang signifikan. Zuckerberg masih bersikukuh dengan pendapatnya bahwa solusi yang dapat diberikan Facebook hanyalah memperketat keamanan dan skema privasi pengguna.

Bagaimana pendapat kamu? Apakah kamu juga percaya bahwa Microsoft merupakan salah satu perusahaan yang paling baik dalam mengelola privasi dan memperhatikan keamanan penggunanya secara online?

 

Sumber: AppleInsider

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta